-->

2 Cara Melepas Kartu SD Android Yang Aman Pada Smartphone

Ada dua penyimpanan data pada smartphone yaitu penyimpanan perangkat (memori internal) dan kartu SD (penyimpanan eksternal). Bisa dikatakan bahwa kartu SD merupakan tempat penyimpanan kedua setelah memori internal. Pada smartphone tidak mewajibkan menggunakan micro SD, hanya saja bagi pengguna android yang ingin memperbesar penyimpanan data harus menambahkan SD card pada ponselnya.

Penyimpanan eksternal pada HP memiliki beberapa sebutan nama, sebagian orang ada yang mengenal dengan nama kartu SD, micro SD dan bahkan SD card. Jadi jangan heran jika sebagian orang memiliki sebutan yang berbeda-beda. Kapasitas penyimpanan data pada kartu SD memiliki beberapa tingkatan, yakni 2GB, 4GB, 8GB, 16GB dan 32GB.

Micro SD memiliki arti yang sangat penting pada sebuah smartphone android. Dimana fungsi utama dari Sd card adalah untuk menyimpan foto, video, dokumen dan file musik. Namun, masih banyak pengguna android yang memiliki masalah pada kartu SD yang tidak dapat dibaca oleh ponsel. Hal tersebut bisa disebabkan dari pengguna yang salah melepas atau mencopot kartu SD.

Ada beberapa Hp yang menyediakan fitur untuk melepas kartu SD agar data yang di dalamnya menjadi aman. Untuk itu, saya akan memberikan informasi tentang cara melepas kartu SD yang benar dan aman.

Cara Melepas Kartu SD Tanpa Menonaktifkan HP

Tidak semua smartphone android dapat menggunakan cara ini, karena setiap merk HP memiliki fitur yang berbeda-beda. Ada  yang letak micro SD berada di bagian samping dan ada juga yang berada di dalam ponsel. Jadi, pastikan dulu letak kartu SD pada smartphone kamu tidak tertutupi oleh baterai.

1. Silahkan kamu buka menu Pengaturan (settings) pada ponsel
2. Lalu scroll ke bawah dan klik Penyimpanan

2 Cara Melepas Kartu SD Android Yang Aman Pada Smartphone

3. Kemudian pilih Lepas Kartu SD

2 Cara Melepas Kartu SD Android Yang Aman Pada Smartphone

4. Maka secara otomatis akan muncul tampilan Pop Up, dan silahkan klik OK

2 Cara Melepas Kartu SD Android Yang Aman Pada Smartphone

5. Kemudian akan muncul notifikasi "Kartu SD Aman Dicabut". silahkan Anda melepas atau mencopot kartu SD dari slot

2 Cara Melepas Kartu SD Android Yang Aman Pada Smartphone

6. Jika berhasil, maka ponsel akan mendapatkan notifikasi baru "Kartu SD Sudah Dilepaskan"

2 Cara Melepas Kartu SD Android Yang Aman Pada Smartphone


Mudah bukan? Selama kartu SD belum kembali dipasangkan ke ponsel maka notifikasi tersebut akan tetap ada. Namun, ketika kartu SD sudah di pasang maka secara otomatis notifikasi akan hilang dengan sendirinya. Dengan adanya fitur lepas SD card akan membantu pengguna android dalam menjaga data agar tetap aman saat melepas SD card dari ponsel.

Cara Melepas Kartu SD Dengan Mematikan HP

Ada beberapa kendala yang membuat pengguna android harus menonaktifkan smartpone sebelum melepas micro SD. Hal ini bisa dikarenakan letak micro SD berada di dalam ponsel tertutupi oleh baterai dan juga adanya kerusakan pada micro SD akibat di root. Sebab itu, kamu jangan langsung melepas micro SD. Disarankan untuk menonaktifkan ponsel terlebih dahulu, barulah lepas micro SD dari slot agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

Baca Juga :


Itulah cara melepas kartu SD android di smartphone yang baik dan benar. Meskipun kartu memori Anda memiliki kualitas yang tinggi, tetapi jika tidak diperlakukan dengan benar maka berpotensi mengalami kerusakan dan bahkan kehilangan data. Untuk itu, terapkan cara melepas SD card android di atas supaya awet dan aman. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel