-->

8 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca di HP Android

Pada umumnya semartphone memiliki penyimpanan data tambahan yang dikenal dengan memori eksternal. Penyimpanan tambahan ini dikenal oleh pengguna Hp sebagai  MMC atau kartu SD, fungsinya sama dengan memori internal, yaitu untuk menyimpan dokumen, video, foto dan juga Mp3. Bahkan saat dipasangkan dengan ponsel, kamu dapat menyimpan berbagai aplikasi yang nantinya terinstal dan datanya di simpan di kartu SD.

Keberadaan memory card ini sangat membantu sistem smartphone agar tidak lemot. Bayangkan jika smartphone tidak memiliki memori card, tentu beban penyimpanan data keseluruhan akan diambil alih oleh momory internal, akibatnya kinerja ponsel menjadi berat. Selain itu, kapasitas penyimpanan data SD card jauh lebih besar dibandingkan memori internal.

8 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca di HP Android

Namun, terkadang memori eksternal yang terpasang lama di smartphone dan telah menyimpan banyak file penting di dalamnya bisa mengalami gangguan, seperti kartu SD yang tidak terbaca. Meskipun banyak sekali faktor yang membuat kartu SD tidak terbaca, tetapi secara umum ada beberapa penyebab micro SD tidak terbaca di hp android.

1. Fisik Memory Card Rusak

Penyebab pertama yang membuat kartu memori tidak terbaca di hp adalah fisik dari memori yang rusak. Kerusakan yang terjadi pada memori, seperti retak dan patah bisa mengakibatkan kerusakan permanen dan bisa jadi semua data di dalamnya pun ikut hilang.

Jika memory card sudah mengalami kerusakan permanen dan sulit diperbaiki, maka potensi terbacanya data di smartphone sangat minim. Apabila terdapat data yang sangat penting di dalam memory tersebut, sebaiknya Anda bawa ke konter servis ponsel terdekat untuk memastikan kartu SD bisa diperbaiki atau tidak.

2. Kartu SD Terlalu Tertekan

Bagi pengguna smartphone yang memiliki slot micro SD di bagian bawah baterai, usahakan Anda memasang memory card dengan posisi yang tepat. Mungkin saja ada benda lain yang Anda sisipkan tepat di atas baterai, kemudian ditutup oleh chasing smartphone yang justru berpotensi menekan memori.

Begitu juga, pemasangan micro SD yang terlalu lemah akan membuatnya mudah bergeser dan mengakibatkan tidak terbaca di ponsel android.

3. SD Card Tertutup Kotoran

Alasan memory card tidak terbaca di ponsel lainnya adalah kondisi memori yang kotor. Memory card yang kotor akan membuat sistem smartphone sulit untuk membaca data, hal ini bisa disebabkan adanya debu atau benda lain yang menempel dan menghalangi di bagian chip select (kuningan).

4. Terdapat File Rusak

Adanya file yang rusak seperti video, foto dan dokumen yang tidak dapat dibuka akan mengakibatkan memori card error. Jika hal ini seringkali terjadi, disarankan untuk menghapus file rusak tersebut. Apabila dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan kartu SD akan rusak permanen.


Terkadang ada file tertentu yang tidak bisa dibuka di ponsel, tetapi masih bisa dibuka di komputer atau laptop. Untuk mengatasinya, Anda dapat memindahkan file tersebut ke laptop atau pc sebelum memori card mengalami kerusakan.

5. Slot Kartu SD Rusak

Ketika memory card tidak terbaca di smartphone Anda, cobalah untuk memasang memori tersebut di smartphone lain. Jika di samartphone lain dapat terbaca, termasuk data yang ada di dalamnya. Maka kemungkinan penyebab tidak terbacanya di smartphone Anda adalah terdapat kerusakan pada slot memory card. Untuk mengatasinya, Anda dapat memeriksa dan memperbaikinya di konter service hp langganan.

6. Adanya Virus Pada Memory Card

Adanya virus pada kartu SD bisa mengakibatkan tidak terbacanya file oleh perangkat. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus virus pada memori. Namun, terkadang virus pada memori sulit terdeteksi oleh beberapa smartphone dan bahkan laptop. Jadi gunakan smartphone lain yang bisa membaca virus tersebut, lalu gunakan aplikasi anti virus untuk menghapusnya.

7. Sering Mencabut dan Memasang SD Card

Kebiasaan pengguna smartphone yang sering mencabut dan memasang SD card bisa berpotensi merusak, retak dan tergores terutama di bagian chip select. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut dan Anda bisa melakukannya jika ada hal yang penting saja.


Anda bisa mengirim file foto, video atau dokumen dengan memanfaatkan Bluetooth. Jika file yang hendak Anda kirim memiliki kapasitas yang besar, dianjurkan menggunakan aplikasi share it. Dengan aplikasi share it Anda hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk mengirim data.

8. Smartphone Yang Rusak

Jika sudah memeriksa ketujuh poin di atas dan memory card masih tetap tidak terbaca. Kemungkinan ada kerusakan dan virus pada smartphone Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa membawanya ke konter servis ponsel untuk mencari kerusakan yang membuat memory card tidak terbaca.

Itulah penyebab kartu SD tidak terbaca di smartphone android. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita  semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel