-->

7 Cara Efektif Mengatasi Sinyal Hilang Pada Smartphone

Pengguna smartphone tentu merasa sebel dan kesel ketika jaringan sinya di ponselnya tiba-tiba hilang atau lemah. Sinyal menjadi faktor penting bagi pengguna smartphone, karena tanpa adanya sinyal kita tidak dapat menelpon, video call dan menggunakan sosial media. Sinyal ponsel yang hilang akan memutus koneksi internet sehingga kita tidak bisa mengakses apa pun.

Ketika sinyal pada smartphone kita mendadak hilang maka hal pertama yang harus kita pahami adalah mencari tahu titik permasalahannya dan kemudian baru kita mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagian pengguna smartphone beranggapan bahwa masalah sinyal berkaitan dengan SIM card yang sudah rusak atau sudah tidak aktif lagi sehingga harus diganti. Hal semacam ini tidak sepenuhnya benar.

7 Cara Efektif Mengatasi Sinyal Hilang Pada Smartphone

Sinyal ponsel yang hilang juga bisa disebabkan dari kondisi ponsel yang sudah rusak, terutama di bagian slot SIM card.  Cobalah periksa pada bagian slot SIM card, namun jika tidak ada indikasi kerusakan di bagian tersebut maka kamu harus memeriksa di bagian lainnya. Berikut beberapa cara mengatasi sinyal hilang dan lemah pada smartphone yang bisa kamu coba.

1. Melakukan Resart Smartphone

Cara mengatasi sinyal hilang pada ponsel yang pertama adalah dengan melakukan restart. Restart ponsel merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk memperbaiki sinyal lemah serta hilang. Setelah ponsel melakukan restart, maka semua akan memulai dari awal dan secara otomatis ponsel akan mencari jaringan baru. Selain itu, restart ponsel juga berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone.

2. Menggunakan Fitur Mode Pesawat

Saat sinyal smartphone mendadak hilang dan ketika dibiarkan beberapa menit tetap tidak mendapatkan sinyal maka manfaatkan mode pesawat (Airplane) untuk mengatasinya. Saat mode pesawat di aktifkan maka semua jaringan akan terputus, termasuk akses internet. Namun, setelah mode pesawat di nonaktifkan maka smartphone akan mencari server jaringan baru yang lebih baik. Cara ini sudah banyak yang menerapkannya dan terbukti berhasil.

3. Periksa Pemasangan SIM Card

Jika indikator sinyal tidak muncul maka periksa kembali pemasangan SIM card di slotnya. Pemasangan SIM card yang tidak benar akan membuat ponsel sulit mendeteksinya, alhasil indikator sinyal tidak muncul di layar ponsel. Selain itu, periksa juga kondisi slot SIM card pada smartphone. Jika ditemui adanya kerusakan yang membuat card tidak terbaca maka segeralah untuk perbaiki di tempat servis ponsel terpecaya.

4. Gunakan Pencarian Jaringan Secara Manual

Cara mengatasi sinyal hilang dan lemah pada HP lainnya adalah dengan menggunakan pencarian jaringan. Caranya cukup mudah, klik menu pengaturan > jaringan seluler > operator jaringan > pilih secara otomatis. Ponsel akan bekerja keras untuk mencari jaringan dan akan langsung terkoneksi secara otomatis.

5. Pasangkan SIM Card di Smartphone Lain

Setelah melakukan beberapa cara di atas dan masih tetap belum menemukan sinyal. Kemungkinan smartphone yang kamu miliki bermasalah, cobalah untuk memasangkan SIM card kamu ke ponsel orang lain. Jika ternyata sinyal dari SIM card milik mu muncul di layar ponsel orang lain, itu berarti smartphone kamu yang bermasalah. Cobalah periksa dan perbaiki kerusakan smartphone di tempat resmi supaya lebih aman.

6. Wilayah Tempat Tinggal Sedang Mati Lampu

Biasanya ada beberapa kartu yang jaringan sinyal akan hilang ketika mati lampu. Pastikan apakah di wilayahmu sedang mati lampu atau tidak? Jika terbukti mati lampu maka tunggulah hingga lampu hidup kembali. Bagi pengguna kartu yang sinyalnya tetap terbaca ketika mati lampu, kemungkinan jaringannya lemah dan kurang maksimal, biasanya ditandai dengan telepon yang terputus-putus dan akses internet yang lemot.

7. Mengubungi Customer Service Operator

Cara mengatasi sinyal hilang pada HP yang terakhir adalah dengan menghubungi customer service operator. Jika smartphone yang kamu miliki tidak bermasalah dan wilayahmu tidak sedang mati lampu maka kemungkinan jaringan mereka bermasalah dan pihak operator tidak mennyadarinya.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Cepet Rusak

Pihak operator seluler biasanya akan merespon dengan cepat jika ada keluhan dari pelanggannya. Hubungi terus pihak operator dan pastikan jika jaringan sinyal di daerah kamu sudah diperbaiki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel