-->

10 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Dengan Beragam Fitur Menarik

Aplikasi perekam layar PC atau sering dikenal dengan screen recoder menjadi salah satu aplikasi yang perlu instal bagi beberapa pengguna komputer. Selain untuk merekam layar, ternyata aplikasi ini memiliki beragam fungsi dan fitur menarik. Biasanya orang menggunakan aplikasi perekam layar untuk membuat video tutorial, presentasi, video call dan lain sebagainya.

Saat ini banyak aplikasi perekam layar PC yang bisa anda gunakan, namun setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, pastikan aplikasi yang nanti anda instal memiliki fitur editing yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas rekaman.

10 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Dengan Beragam Fitur Menarik

Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Dalam ulasan kali ini, setidaknya ada sepuluh aplikasi perekam layar PC yang memiliki fitur menarik dan ringan untuk digunakan. Anda bisa memilih salah satu diantara screen recoder tersebut, Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Wondershare Filmora

Aplikasi screen recoder PC yang pertama adalah wondershare filmora. Sebagian orang mengatakan bahwa aplikasi ini termasuk sofware perekam layar PC terbaik. Sebenarnya filmora merupakan aplikasi edit video komputer, namun terdapat fitur screen recorder yang disematkan di dalam software ini.

Meskipun begitu, firmora memiliki kelebihan seperti adanya fitur editing, export video dalam beragam format dan gratis pada saat masa percobaan 30 hari. Hanya saja, untuk versi gratis terdapat watermark. Hal ini yang membuat hasil video menjadi kurang menarik.

2. Camstudio

Aplikasi camstudio merupakan salah satu software screen recorder PC yang terbilang ringan open source yang memungkinkan anda merekam layar serta audio di PC dalam aneka format file AVI dan SWF. Selain itu, camstudio juga dapat merekam layar sekaligus menampilkan wajah via webcam. Hanya beberapa aplikasi perekam layar laptop yang memiliki fitur ini.

Keunggulan yang dimiliki camstudio seperti, software ope source, tidak ada limit perekaman layar dan gratis. Namun, output file memiliki ukuran besar dan output video yang dihasilkan hanya dalam format AVI dan SWF saja.

3. Camtasia

Aplikasi selanjutnya yang dapat anda coba adalah camtasia. Software yang satu ini dapat didownload gratis dan berkapasitas ringan untuk digunakan pada laptop dengan spesifikasi standar. Aplikasi screen recorder ini dikembangkan oleh TechSmith yang terkenal dengan splikasi all in one terbaik. Hal ini dikarenakan fitur edit video dan perekam layar dalam satu aplikasi.

Hal yang menarik pada aplikasi camtasia adalah memiliki beberapa jenis mode perekam layar, seperti a window, a region, specific dimensions dan entire screen. Emang camtasia menyediakan masa percobaan selama sebulan secara gratis. Tapi setelahnya dikenakan biaya sekitar Rp. 3,6 juta. Selain itu, untuk mengedit video ukuran besar sering mengalami kendala.

4. ShareX

Bagi anda yang senang dengan aplikasi perekam layar PC gratis dan tanpa embel-embel watermark, mungkin anda bisa mencoba aplikasi shareX. Aplikasi open source ini mengadopsi fitur yang cukup lengkap, seperti fitur anotasi dan metode perekam layar yang beragam.

Keunggulan dari aplikasi perekam layar PC windows 10 ini adalah mampu merekam layar tanpa ada batasan waktu, bebas iklan dan penyimpanannya ke dalam format GIF. Namun, sharex kurang tepat untuk merekam game dan tampilan aplikasi terlihat kaku serta tidak modern.

5. TinyTake

Aplikasi yang dikembangkan oleh MangoApps ini bisa menjadi pilihan alternatif anda untuk merekam layar PC. TinyTake merupakan aplikasi screen source laptop gratis, ringan dan mengadopsi berbagai fitur modern. Untuk menghasilkan rekaman video yang menarik, anda bisa menggunakan fitur anotasi, zoom in dan zoom out dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki tampilan yang sederhanan dan mudah untuk dipahami bagi pemula, namun terdapat beberapa kekurangan pada tinytake, seperti pengaturan audio yang kurang advanced dan fitur terbatas untuk versi gratisan.

6. Action!

Action! bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan anda dalam merekam layar PC, ini dikarenakan fitur yang disematkan pada action! cukup terbilang lengkap, mulai dari fitur streaming secara real time dan merekam video dengan resolusi HD. Kelebihan aplikasi action! lainnya adalah memiliki fitur pengambil gambar secara cepat (screenshot) yang bisa anda gunakan saat mengambil gambar untuk tutorial.

Jenis format file yang disediakan aplikasi ini adalah MP4 dan AVI. Sama halnya dengan aplikasi perekam layar komputer pada umumnya, Action! juga memiliki kekurangan yakni belum tersedia untuk pengguna PC berbasis Linux dan macOS.

7. VideoProc

Dengan aplikasi VideoProc anda dapat merekam layar laptop tanpa batasan waktu. Aplikasi ini juga bisa diandalkan saat keperluan meeting, webinar, live streaming dan video youtube. Meskipun dapat menghasilkan video rekaman yang berkualitas, ternyata videoproc bisa diinstal pada CPU rendah.

Baca Juga :


Banyak fitur pendukung yang disematkan pada aplikasi videoproc ini, seperti green screen yang dapat menghapus beground, editing, penambahan efek audio, crop dan masih banyak fitur premium yang bisa anda gunakan secara gratis. Terlebih lagi , videoproc mendukung konversi format file lebih dari 370 jenis file video maupun audio.

8. Ace Thinker

Aplikasi perekam layar komputer berikutnya adalah Ace Thinker. Dimana aplikasi ini hanya dapat diinstal pada OS Windows dan Mac. Aplikasi ace thinker ini termasuk software yang sederhana dan mudah untuk dipahami, pasalnya semua yang anda butuhkan dengan ace thinker adalah mengatur perekam, memulai rekaman dan menyimpan screencast.

Selain itu, untuk menunjang hasil rekaman layar agar terlihat menari, maka anda dapat merekam audio secara langsung dari laptop ataupun mikrofon eksternal. Hasil video rekam bisa dikonversi ke format video AVI, MOV dan MP4. Bahkan anda juga bisa langsung mengupload hasil video yang telah selesai ke google drive dan youtube.

9. OBS Studio

OBS Studio merupakan aplikasi screen recorder PC yang populer di kalangan streamers. Aplikasi yang sering digunakan oleh pemain game ini berfunngsi untuk melakukan live broadcast di twitch dan youtube. OBS Studio adalah open source yang mengadopsi berbagai fitur pendukung dan advanced.

Tak hanya itu saja, kelebihan dari aplikasi screen recorder ini ialah menyematkan tombol pintas yang bisa diatur untuk membantu mengontrol rekaman. Mixer audio juga tersedia untuk membantu mendapatkan video dengan suara jernih.

10. Bandicam Screen Recoder

Aplikasi perekam layar laptop yang terakhir adalah Bandicam Screen Recorder. Software yang satu ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk merekam dalam framerate dan bitrate yang tinggi. Bandicam juga mampu merekam video hingga kualitas 4K UltraHD.

Meskipun dengan kualitas yang bagus, tidak membuat hasil rekaman video menjadi besar sehingga ukuran file hasil rekaman akan lebih kecil dibandingkan aplikasi pada umumnya. Hanya saja, untuk versi gratis memiliki watermark yang menempel pada video. Namun, watermark bisa saja dihilangkan ketika anda menjadi pengguna premium. Disamping itu juga bandicam belum memiliki fitur live streaming.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel