-->

10 Penyebab Keyboard Laptop Rusak dan Cara Mengatasinya

Keyboard merupakan salah satu perangkat yang terdapat pada laptop atau PC yang berfungsi sebagai media input. Pada laptop, keyboard dipasang dan menyantu dengan bodi laptop. Letaknya berada tepat di atas motherboad dan perangkat keras komputer, seperti RAM, processor, harddisk dan sebagainya.

Keyboard laptop sering mengalami masalah dan bahkan rusak, penyebabnya bisa karena usia pemakaian yang sudah lama atau bisa juga kelalaian pemilik laptop yang malas merawatnya. Adapun beberapa kerusakan pada laptop yang bisa bikin kita jengkel dan sebel, seperti keyboard tidak terdeteksi, tombol terasa keras ketika ditekan dan tidak muncul output di layar desktop.

10 Penyebab Keyboard Laptop Rusak dan Cara Mengatasinya

Banyak penyebab yang membuat keyboard laptop tidak berfungsi dan rusak. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu penyebab rusaknya keyboard laptop sebelum Anda memutuskan untuk menservisnya. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa penyebab keyboard laptop rusak yang perlu Anda waspadai.

1. Adanya Debu di Bagian Bawah Tombol

Laptop bisa saja terkena debu dan bahkan pasir jika kamu sering menggunakannya di luar ruangan (outdoor) seperti taman, cafe dan pekerja lapangan. Debu dan pasir akan masuk melalui rongga keyboard lalu menyelip di bagian bawah tombol. Hal ini yang membuat tombol keyboard sulit ditekan dan karakter tidak muncul di layar dekstop.

Solusi untuk mengatasi debu yang mengganjal di bawah tombol keyboard adalah dengan membersihkannya. Anda cukup menggunakan peralatan sederhana yaitu sikat halus untuk membersihkan debu dan pasir. Selain itu, Anda juga bisa mencongkel bagian tombol yang terselip debu lalu membersihkan menggunakan sikat halus.

2. Tombol Keyboard Ketumpahan Cairan

Penyebab umum yang membuat keyboard rusak lainnya adalah karena tertumpah cairan, seperti minuman dan kopi. Cairan yang masuk ke tombol keyboard laptop akan membuat tombol sulit ditekan dan karakter pun tidak muncul di layar.

Pastikan laptop jauh dari benda-benda cair saat Anda akan menggunakannya. Untuk mengatasi leptop yang tertumpah cairan, Anda bisa membuka tombol keyboard pada bagian yang terkena cairan lalu bersihkan menggunakan kain halus hingga kering.

3. Karet Tombol Keyboard Bermasalah

Karet tombol yang rusak, biasanya terjadi karena keyboard laptop terlalu sering digunakan secara berlebihan dan bisa juga karena faktor umum pemakaian laptop. Hal ini yang membuat karet yang berada di bawah tombol menjadi getas dan menipis, sehingga tombol keyboar laptop sulit ditekan.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memeriksa, memperbaiki dan mengganti karet tombol dengan part yang baru dan usahakan original. Agar tombol keyboard bisa berfungsi normal dan lebih awet.

4. Memencet Tombol Terlalu Keras

Terbiasa mengetik dengan cepat dan terlalu sering menekan tombol keyboard laptop dengan kuat hanya akan membuatnya rusak. Memencet tombol dengan keras bisa mengurangi elastisitas tombol menjadi berkurang dan bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan tombol lepas dengan sendirinya. Sebaiknya buang jauh-jauh kebisaan anda menekan tombol dengan kuat, karena itu bisa membuat anda rugi sendiri.

5. Adanya Masalah Pada Driver Laptop

Biasanya gangguan yang terjadi pada perangkat keras laptop atau komputer disebabkan karena adanya masalah driver. Penyebab driver bermasalah adalah karena tidak kompatible, sudah out of date dan adanya masalah pada proses intalasi.


Hal ini bisa memungkinkan keyboard ada mengalami gangguan, jadi saat driver mengalami masalah maka kemungkinan keyboard laptop juga akan bermasalah. Solusi untuk mengatasi masalah pada driver laptop adalah dengan melakukan instal ulang dari driver keyboard laptop atau juga bisa dengan mengupdate dari driver laptop Anda.

6. Tombol Keyboard Macet Karena Virus

Laptop yang sudah terkena virus memang bisa membuat kita jengkel dan emosi. Karena virus dapat menyerang apa saja yang ada pada sistem dan bahkan komponen laptop, kecuali pada keyboard. Virus akan membuat keyboard laptop menjadi sulit dikendalikan, terkadang tombol keyboard akan menekan dengan sendirinya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengaktifkan sofware antivirus untuk melakukan scanning agar semua virus di laptop dapat terbaca.

7. Laptop Pernah Jatuh atau Tertindih

Leptop yang terjatuh atau tertindih bisa jadi karena faktor ketidaksengajaan dan kelalaian pemiliknya. Laptop yang jatuh akan mempengaruhi segala sistem hardware yang ada di dalamnya seperti keyboard, harddisk, processor dan sebagainya. Saat keyboard leptop Anda mengalami masalah, itu bisa jadi karena laptop pernah terjatuh atau tertindih benda berat.


Untuk mengatasi keyboard rusak karena laptop pernah terjatuh adalah dengan mengganti keyboard laptop dengan yang baru. Tapi perlu diingat, penggantian keyboard dilakukan jika benar-benar mengalami kerusakan yang disebabkan laptop terjatuh.

8. Konektor Keyboard Tidak Terhubung

Penyebab keyboard laptop rusak lainnya adalah konektor keyboard yang tidak terhubung dengan benar dan bisa juga karena longgar. Kemungkinan ini terjadi saat Anda menggeser konektor tersebut saat berada di dalam tas. Pasalnya, konektor yang dimaksud berada pada komponen luar laptop. Solusinya, anda hanya perlu membuka keyboard laptop dan memperbaiki konektornya.

9. Menekan Tombol Keyboard Secara Acak

Terkadang orang yang sedang mengerjakan tugas yang tak kunjung selesai bisa membuat kesel. Biasanya kekesalannya akan dilampiaskan pada keyboard dengan memukul atau juga menekan tombol secara acak dan kuat. Kecepatan dan kekuatan menekan tombol bisa mengurangi kinerja dari keyboard leptop dan bahkan salah satu tombol bisa mengalami stuck.

10. Menekan Tombol Kombinasi Sembarangan

Pada leptop dan PC, biasanya terdapat tombol kombinasi untuk mempermudah dan juga mempersingkat waktu perintah di dalam komputer. Tombol kombinasi yang dimaksudkan di sini adalah gabungan dari beberapa tombol keyboard, misal untuk ngeblok tulisan "ctrl + a", untuk menyimpan dokumen "ctrl + s" dan sebagainya.

Menggunakan tombol kombinasi yang sembarangan dan berulang-ulang dengan waktu yang dekat bisa menyebabkan antrian perintah dari task menjadi bermasalah. Jika terjadi error, biasanya sistem akan mengirim notifikasi pemberitahuan “tidak ada respon”.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel