-->

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

Apakah kamu pernah masuk ke grup WA yang tidak dikenal? Kalau pernah, berarti kamu tidak sendirian. Kejadian semacam ini pernah saya alami, dimana nomor kontak saya telah ditambahkan ke grup whatsapp yang belum jelas asal usulnya. Sehingga membuat saya kesal dan memutuskan untuk keluar dari grup whatsapp tersebut.

Salah satu penyebab orang lain bisa dengan mudah memasukan kamu ke grup WA, yakni ketika kamu mengupload nomor whatsapp ke sosial media. Dengan berbekal no WA kamu yang tersebar di media sosial maka orang lain akan dengan mudah menambahkan kamu ke grup tanpa perlu persetujuan terlebih dahulu. Saat kamu ditambahkan ke grup whatsapp dan memutuskan untuk keluar karena alasan kurang nyaman, ternyata hal itu tidak sepenuhnya mengatasi masalah tersebut. Dimana setelah keluar dari grup, kemungkinan kamu akan dimasukan ke grup WA yang berbeda oleh orang lain.

Pengguna whatsapp tidak perlu khawatir, karena memiliki pengaruh yang kurang nyaman bagi pengguna, maka aplikasi whatsapp telah menambahkan fitur menarik yang bisa pengguna WA gunakan untuk mencegah orang lain memasukan kamu ke grup whatsapp tanpa izin. Daripada penasaran, simak petunjuk dibawah ini.

Cara Agar Tidak Bisa Dimasukkan Di Grup WA

1.    Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu
2.    Lalu pilih Icon Titik Tiga di pojok kanan atas

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

3.    Kemudian klik menu Setelan

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

4.    Adapun beberapa opsi pada menu setelan, silahkan kamu klik Akun

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

5.    Selanjutnya pilih Privasi

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

6.    Di halaman menu privasi, silahkan kamu scroll ke bawah sampai menemukan opsi Grub. Disinilah kamu akan menentukan pilihan mengenai siapa saja yang bisa menambahkanmu ke grup whatsapp. Untuk itu, silahkan pilih menu Grub

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

7.    Di dalam halaman Grub, kamu akan menemukan tiga opsi ialah Semua Orang, Kontak Saya dan Kontak Saya Kecuali. Apabila kamu sudah memilih salah satu opsi tersebut, silahkan klik Selesai (Done)

Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menambahkan Ke Grup WA (WhatsApp)

Ketiga opsi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  • Semua orang (Everyone) adalah untuk mengizinkan semua orang menambahkanmu ke grup WA, termasuk nomor telepon yang tidak ada di daftar phone kamu. Jadi orang yang tidak dikenal dan bukan juga temen kamu dapat memasukan ke dalam grup whatsapp. Tentu saja opsi ini kurang tepat bagi kamu yang mengutamakan privasi.
  • Kontak saya (My Contacs) adalah mengizinkan orang-orang yang terdapat di daftar kontak whatsapp kamu saja yang bisa menambahkanmu ke dalam grup WA. Opsi yang kedua ini cukup aman untuk diterapkan karena kamu mengenal siapa saja yang ada di daftar kontak whatsapp.
  • Kontak saya kecuali (My Contacs Except) adalah mengizinkan orang-orang yang ada di daftar kontak dapat memasukan kamu ke grup whatsapp, kecuali orang yang tidak kamu izinkan.


Jika saya memilih opsi my contacs atau my contacs except, lalu bagaimana orang yang tidak terdaftar di kontak whatsapp berusaha menambahkan saya ke dalam grup WA? Orang tersebut akan menerima notifikasi yang menginformasikan bahwa kamu tidak dapat ditambahkan ke grup dan diberi pilihan untuk mengundang kamu melalu pesan pribadi.

Baca Juga :


Nah, disitulah kamu dapat menentukan pilihan untuk menerima atau menolak undangan grup. Whatsapp sendiri memberikan waktu selama 3 hari untuk kamu menerima undangan tersebut, jika lebih dari batas waktu yang ditentukan tapi kamu belum menentukan pilihan maka undangan tersebut akan kadaluwarsa secara otomatis.

Mudah bukan? Dengan menerapkan cara di atas maka orang-orang tidak bisa menambahkan ke grup WA. Dengan begitu, kamu tidak lagi merasa kesal atau marah karena aktivitas orang lain yang memasukan kamu ke grup whatsapp yang belum jelas asal usulnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel