-->

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop dan PC

Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi whatsapp sudah memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Whatsapp memang memiliki beragam fitur menarik dan lengkap, seperti mengirim pesan, video call, foto, video, voice note dan bahkan dokumen. Hanya saja aplikasi ini memerlukan kontak HP dan koneksi internet agar bisa menjalin komunikasi.

Tak hanya itu saja, whataspp juga memiliki fitur tambahan agar penggunanya dapat menikmati melalui browser atau dikenal dengan nama WhatsApp Web. Jika Anda memiliki laptop atau PC maka bisa menggunakan whatsapp web untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Anda tidak perlu khawatir, semua fitur whatsapp web sama seperti fitur yang ada pada aplikasi di smartphone. Dengan whatsapp web ada juga bisa melakukan chatting, mengirim foto, video, dokumen dan sebagainya.

Meskipun whatsaapp web dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya, tapi hal ini juga dapat menjadi bahaya. Terlebih jika kamu menggunakan whatsapp di komputer kantor atau laptop teman. Tentu saja ini berpotensi whatsapp kamu bisa disalahgunakan oleh pemakai komputer setelah kamu.

Tapi kamu tidak pelu khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang cara menggunakan whatsapp web di laptop atau PC dan sekaligus cara keluar dari whatsapp web untuk semua perangkat yang terhubung. Lebih jelasnya, simak caranya dibawah ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan PC

1. Silakan buka Browser di laptop atau PC kamu
2. Lalu buka situs WhatsApp Web, yaitu https://web.whatsapp.com
3. Setelah terbuka, maka di layar komputer atau laptop kamu akan menampilkan kode gambar QR Code
Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop dan PC

4. Kemudian ambil smartphone kamu dan buka aplikasi whatsapp. Lalu pilih Icon Titik Tiga di pojok kanan atas
Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop dan PC

5. Selanjutnya klik WhatsApp Web
Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop dan PC

6. Lakukan Scan QR Code pada smartphone kamu ke arah kode yang terdapat di browser laptop atau komputer kamu
Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop dan PC

7. Selesai, whatsapp kamu akan berpindah dari smartphone ke whatsapp browser laptop. Perlu diketahui bahwa kecepatan membuka whatsapp web menggunakan laptop atau komputer tergantung kekuatan koneksi internet. Jadi kalau jaringan internet terganggu, kemungkinan besar kamu tidak bisa menggunakannya.

Jika kamu sudah selesai menggunakan whatsapp di browser, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah keluar dari whatsapp web. Hal ini sangat penting bagi kamu yang mengakses whatsapp web di laptop atau komputer orang lain agar tidak disalahgunakan. Berikut cara keluar atau logout dari whatsapp web, yaitu:

Cara Keluar Dari WhatsApp Web

1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu
2. Lalu pilih Icon Titik Tiga di pojok kanan atas
3. Kemudian klik WhatsApp Web dan pilih “keluar dari semua perangkat” (Log Out From All Device)

Dengan begitu, maka secara otomatis kamu sudah keluar dari whatsapp web. Kamu bisa masuk kembali menggunakan whatsapp web dan lakukan kembali cara diatas untuk keluarnya.

Baca Juga :

Selain itu, ada cara lain untuk keluar dari whatsapp web, yaitu melalui whatsapp yang masih terhubung ke browser laptop atau komputer kamu. Caranya adalah:

1. Saat whatsapp web masih terhubung ke browser, temukan Icon Titik Tiga di bagian atas
2. Lalu pilih menu “Log Out” atau keluar
3. Sekarang akun whatsapp kamu sudah aman dan telah keluar dari whatsapp web

Kelemahan Menggunakan Whatsapp Web di Laptop atau PC

Ternyata dibalik keunggulan dari whatsapp web ini juga memiliki kelemahan yang wajib diketahui oleh pengguna whatsapp, salah satunya yang kesulitan login di whatsapp web. Apa saja itu? Berikut kelemahan whatsapp web di laptop atau PC, yaitu:

  • Harus mendapatkan koneksi internet yang kuat dan stabil, karena tergantung pada jaringan internet yang stabil ini membuat pengguna yang memanfaatkan whatsapp web kesulitan menerima atau mengirim pesan jika kondisi internetnya terganggu.
  • Tidak dapat melakukan video call dan panggilan online, melakukan video call atau panggilan online di whatsapp web memang tidak bisa dilakukan karena alasan keamanan pengguna. Namun, banyak pengguna yang menginginkan agar layanan semacam ini segera tersedia. Jadi untuk panggilan online tetap harus melalui smartphone kamu.
  • Tidak seperti Telegram, whatsapp web tidak dapat di akses jika smartphone kamu dalam keadaan mati atau tidak terhubung ke jaringan internet. Jadi whatsapp web wajib membutuhkan koneksi baik dari samartphone dan IOS kamu.
  • Membuat daya baterai smartphone cepat habis, secara default aplikasi dapat berjalan di belakang layar sistem operasi kamu yang dapat menguras daya baterai lebih cepat dibandingkan biasanya.
  • Berpotensi di duplikasi pada laptop atau komputer lain, kejadian semacam ini bisa saja terjadi jika ada orang lain yang diam-diam melakukan login di laptop atau computer lain yang akibatnya bisa diakses oleh orang lain tanpa kamu ketahui.

Itulah cara menggunakan whatsapp web di laptop atau PC yang bisa kamu terapkan, disarankan sebelum menggunakan whatsapp web pastikan paket data dan daya baterai smartphone masih cukup untuk mengaksesnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel