-->

11 Penyebab Charger Laptop Rusak Yang Jarang Diketahui

Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. apalagi bagi orang yang bekerja kantoran, instansi pemerintah dan bahkan mahasiswa memerlukan perangkat komputer atau laptop untuk memudahkan pekerjaannya. Namun dari segi kebutuhan, orang lebih banyak menggunakan laptop dibandingkan PC. Ini dikarenakan laptop mudah dibawa dan bisa digunakan di mana saja tanpa harus bergantung pada sumber arus listrik.

Setiap pembelian laptop baru akan mendapatkan charger original bawaan pabrik, karena perangkat yang berbasis portable seperti smartphone, laptop dan tablet memerlukan arus listrik yang bersumber dari baterai. Bentuk dan tegangan listrik pada baterai laptop dan smartphone berbeda-beda, ini disesuaikan dari kebutuhan perangkat tersebut.

11 Penyebab Charger Laptop Rusak Yang Jarang Diketahui

Jika arus listrik pada baterai sudah berkurang maka perlu dilakukan pengisian ulang daya atau dikenal dengan istilah “cas”, Charger baterai laptop sampai penuh, jangan biarkan laptop mati total karena sumber arus listriknya sudah habis. Namun, pernahkah anda mengalami charger laptop yang tidak mau mengisi daya baterai? Peristiwa ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada laptop ataupun charger laptop. Berikut beberapa penyebab yang membuat cas laptop rusak.

1. Menggulung Kabel Charger Laptop

Penyebab cas laptop rusak yang pertama adalah kebiasaan menggulung atau melipat kabel charger laptop yang sembarangan. Ketika menggulung atau mengurai kabel charger maka akan terjadi perubahan bentuk yang bisa dilihat secara langsung. Kebiasaan ini bila terus dilakukan bisa mengakibatkan kabel bagian dalam terputus, sehingga arus listrik tidak bisa tehubung ke laptop.

Untuk mengatasinya, hindari terlalu sering menggulung dan melipat kabel charger laptop. Letakan laptop di tempat yang tepat ketika mengisi daya baterai, tujuannya supaya anda tidak merubah gulungan kabel cas laptop yang sudah terbentuk dari awal.

2. Terlalu Lama Terhubung ke Stop Kontak

Pennyebab kerusakan charger laptop selanjutnya adalah membiarkan kabel charger laptop tehubung ke power socket atau stop kontak dengan waktu yang lama. Kebiasaan sepele ini bisa menyebabkan adaptor charger panas dengan retan waktu yang lama, tentu hal ini akan mengurangi usia pemakaian charger. Untuk mengatasinya, setiap kali selesai mengisi daya baterai laptop sebaiknya langsung mencabut atau melepas kabel charger dari stop kontak.

3. Pemasangan Konektor Yang Tidak Benar

Pada bagian ujung charger laptop terdapat pin logam atau tembaga yang disebut konektor. Fungsi dari konektor adalah sebagai penghubung arus listrik ke laptop. Jadi ketika bagian konektor mengalami gangguan maka bisa mengakibatkan baterai laptop tidak mengisi dan bahkan membuat adaptor charger menjadi panas.

Untuk menghindari kerusakan pada konektor charger maka ketika akan pengisi daya baterai laptop, usahakan pemasangan konektor harus pelan-pelan dan pastikan posisinya terpasang dengan benar dan jangan sampai tertekuk.

4. Tegangan Listrik Yang Sangat Besar

Perhatikan pula pada stiker charger yang mengisi keterangan tegangan arus listrik yang diterima oleh charger. Lihat bagian informasi tegangan arus maksimumnya, jika tegangan maksimal pada charger laptop 220 volt maka pengisian daya baterai harus dibawah 220 volt dan jangan sampai lebih. Tegangan arus yang melebihi batas maksimum dapat mengakibatkan charger laptop cepet panas dan mudah rusak.

5. Adaptor Charger Laptop Bermasalah

Adapter charger memiliki fungsi untuk untuk menahan daya arus listrik yang berlebih dan mengatur aliran daya sesuai keperluan. Sebab itu, untuk menghindari ketidakstabilan arus listrik, adapter laptop akan berhenti bekerja secara otomatis selama beberapa saat.

Baca Juga : Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Sedangkan charger yang bukan original tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut, alhasil adapter charger akan berasap ketika ada elemen yang terbakar. Untuk mencegahnya, gunakan selalu charger laptop original bawaan pabrik.

6. Kualitas Charger Laptop Yang Kurang Bagus

Hal sepele yang sering dilupakan oleh pengguna laptop adalah menggunakan charger laptop yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan kualitasnya. Penggunaan charger original akan membuat pengsisian daya baterai laptop menjadi cepat dan juga aman, dibandingkan menggunakan charger yang tidak asli.

Apalagi jika nilai-nilai dan keterangan informasi pada striker charger bukan bawaan laptop belum tentu benar dan kemungkinan kualitas komponennya tidak memenuhi standar minimum. Sebaiknya gunakan cas laptop asli, karena ini sangat bagus untuk menjaga kualitas charger dan baterai laptop supaya lebih awet.

7. Panas Berlebih Pada Laptop

Jika kondisi laptop sudah panas ketika proses pengisian daya baterai bisa mengakibatkan kerusakan pada sejumlah komponen perangkat keras dan juga perangkat lunak. Apalagi pengisian baterai dilakukan pada saat laptop sedang digunakan, maka peningkatan suhu panas menjadi lebih cepat. Tentu ini akan membuat laptop cepat rusak.

8. Adanya Gangguan Pada Port Cas Laptop

Ketika proses pengisian daya baterai laptop tidak terhubung dan bahkan sudah menganti dengan charger lain tetapi tetap tidak mengisi. Biasanya terjadi kerusakan atau gangguan pada port charger pada laptop. Sebaiknya periksa kembali bagian port charger, kemungkinan ada debu atau kerikil yang menempel sehingga menganggu koneksi konektor dengan port pada laptop.

9. Kondisi Baterai Laptop Yang Sudah Rusak

Pemakaian baterai laptop yang sudah lama akan menurunkan fungsi dari baterai laptop dan kemampuan penyimpanan daya menurun. Hal tersebut ditandai dengan kapasitas baterai yang mudah habis dan proses pengisian daya baterai laptop yang lama dari baterai normal.

Baca Juga : Cara Menghemat Daya Baterai Kamera

Bahkan yang lebih parah jika kondisi baterai rusak maka sudah tidak bisa lagi menyimpan daya, meskipun sudah di cas lama baterai akan tetap tidak terisi atau kosong.

10. Driver Baterai Mengalami Masalah

Driver laptop merupakan salah satu bagian terpenting dalam intergrasi perangkat keras dengan lunak. Ketika tidak berfungsinya perangkat keras yang terhubung ke laptop termasuk charger kemungkinan diakibatkan oleh driver yang tidak bekerja optimal.

Sistem operasi pada laptop sudah dilengkapi dengan built-in untuk berbagai baterai, tetapi instalasi perangkat lunak mungkin dapat menyebabkan driver baterai yang sudah terinstal lebih dulu sehingga mengalami masalah.

11. Gangguan Pada Steker Charger

Penyebab charger laptop tidak mengisi yang terakhir adalah adanya gangguan pada steker charger. Ini disebabkan adanya sambungan antara kabel power pada charger dengan stop kontak mengalami kerusakan atau longgar. Pada sebagian charger laptop membutuhkan konektor khusus untuk menghubungkan ke stop kontak, seperti steker kaki tiga.

Biasanya konektor tipe kaki tiga memiliki saklar sendiri yang dilengkapi dengan lampu indikator. Jika konektor rusak ditandai dengan lampu indikato yang tidak menyala.

Itulah beberapa penyebab cas laptop rusak. Jika pengisian daya baterai pada laptop anda mengalami gangguan maka cobalah untuk memeriksa poin di atas dan jika kesulitan menemukan penyebab charger leptop tidak mau mengisi, sebaiknya periksa laptop dan charger ke tempat servis laptop langganan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel