-->

5 Cara Menghemat Daya Baterai Kamera Agar Tidak Boros

Ketika kita bertemu dengan sahabat atau saudara, tentu banyak momen kebersamaan yang dianggap sulit untuk dilupakan sehingga perlu diabadikan menggunakan kamera, baik itu kamera ponsel atau kamera digital. Saat bepergian ke tempat-tempat rekreasi dan banyaknya pemandangan yang indah, kita juga pun ingin rasanya menyimpan momen tersebut di dalam kamera kesayangan Anda.

Namun, apakah Anda pernah mengalami baterai kamera lowbat saat dibutuhkan? Mungkin hal ini membuat Anda merasa sebel dan bahkan jengkel. Biasanya baterai yang mudah habis, tak semuanya disebabkan karena baterai rusak. banyak alasan yang membuat baterai kamera mudah lowbat, karena hal-hal kecil yang tak jarang kamu sadari.

5 Cara Menghemat Daya Baterai Kamera Agar Tidak Boros

Nah, untuk mengatasi masalah baterai kamera yang mudah ngedrop. Maka jalurmakna.com memiliki beberapa tips atau cara menghemat daya baterai kamera agar tidak cepat boros dan awet. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

1. Off Kamera Saat Tidak Digunakan

Cara pertama untuk menjaga dan menghemat baterai kamera agar tidak boros adalah dengan mematikan (Off) kamera jika tidak digunakan. Penggunaan kamera, memang tergantung pada kebutuhanmu. Bagi seseorang yang bekerja sebagai juru kamera yang dikhususkan untuk menangkap momen-momen bergerak seperti pada pertandingan olahraga, memang perlu menyalakan kameranya setiap waktu agar tidak ada momen menarik yang tertinggal selama pertandingan.

Namun, jika kamu hanya menggunakan kamera hanya untuk memotret pemandangan, hewan dan benda. Sebaiknya matikan kamera saat kamu tidak menggunakannya dan hal ini juga mencegah kamera tertekan saat dikalungkan di leher.

2. Menggunakan Viewfinder Kamera

Cara kedua untuk menghemat baterai agar  tidak boros dan awet adalah menggunakan display viewfinder, yaitu lensa kecil yang letaknya di atas bodi belakang kamera. Penggunaan display viewfinder akan membantu untuk menjaga baterai supaya tidak boros saat Anda mometret obyek. Lain halnya kamera yang selalu menggunakan LCD, jika terus dinyalakan dan terus memberikan informasi shutter speed atau ISO, maka pemakaian baterai kamera akan menjadi cepat boros.

Untuk itu, viewfinder menjadi yang paling tepat, karena Anda hanya perlu mengukur obyek yang hendak difoto. Apa yang bakal terjadi jika kamera tidak ada viewfinder? kamu akan menggunakan LCD display brightness dengan tingkat yang paling rendah agar baterai kamu tetap hemat dan awet.

3. Hindari Kebiasaan Melihat Foto

Hal yang jarang diketahui orang yang bisa membuat baterai kamera boros adalah terlalu sering melihat foto. Setelah memotret sebuah obyek, tentu kamu akan melihat hasilnya. Apakah obyek yang diambil tadi sudah tepat atau justru kurang sesuai? Tapi dalam hal ini, hindari penggunaan fitur playback untuk menghemat daya baterai kamera.

Apalagi jika Anda mengirim foto melalui fitur wifi yang ada di kamera ke ponsel secara satu persatu, tentu itu akan semakin banyak daya baterai yang akan terkuras. lebih baik transfer semua hasil fotomu setelah semuanya telah selesai.

4. Matikan Fitur Kamera Yang Tidak Digunakan

5 Cara Menghemat Daya Baterai Kamera Agar Tidak Boros

Sudah tak heran lagi jika kamera sekarang sudah memiliki beragam fitur untuk mendukung hasil foto yang lebih baik. Namun, jika fitur-fitur tersebut banyak yang dinyalakan maka secara otomatis baterai kamera akan mengeluarkan banyak daya untuk menyesuaikan kebutuhan dan tentunya ini akan membuat baterai cepat boros.


Seperti fitur image stabilisation dan autofokus yang akan menyerap daya baterai. Selain itu flash yang terdapat pada kamera juga bisa berpotensi memboroskan daya baterai kamera. Untuk mengatasinya, matikan fitur-fitur tertentu yang tidak Anda gunakan atau juga bisa menyalakan mode power saving untuk menjaga baterai agar lebih hemat daya.

5. Hindari Menyimpan Baterai Kamera Yang Sembarangan

Penyimpanan baterai kamera juga perlu diperhatikan, Anda tidak boleh menyimpan dan meletakannya di sembarangan tempat. Simpanlah baterai kamera di tempat yang dingin dan kering dan jangan meletakannya di tempat panas atau lembab.

Jika Anda tidak memiliki keinginan untuk menggunakan kamera dalam waktu yang sedikit lama, maka sebaiknya lepaskan baterai dari bodi kamera. Tujuannya untuk menghindari kebocoran yang berakibat pada hilangnya daya baterai.

Itulah beberapa tips atau cara untuk menghemat daya baterai kamera yang bisa kamu terapkan. Jika Anda ada waktu pengambilan foto yang memakan waktu lama, disarankan untuk membawa baterai kamera cadangan. Jangan sampai pekerjaan atau momen-momen menarik terlewatkan karena masalah baterai kamera lowbat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel