-->

8 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Benar dan Aman

Laptop merupakan barang elektronik yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia, terutama untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Seringkali kita melihat seseorang yang menggunakan laptop di taman, cafe, kantor dan bahkan rumah. Menggunakan laptop di sembarangan tempat ternyata dapat membuat komponen pada laptop menjadi rusak, mesikpun tanda kerusakan tidak langsung dirasakan oleh pemiliknya.

Salah satu penyebab kerusakan pada laptop adalah debu dan pasir. Seperti yang kita tahu bahwa debu bisa saja masuk dan menyelip ke dalam komponen laptop, terutama pada keyboard. Pasalnya, keyboard laptop merupakan komponen yang mudah kotor, jika debu dibiarkan menumpuk maka dapat mengakibatkan masalah yang serius yaitu laptop mudah korsleting ataupun nge-hang.

8 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Benar dan Aman

Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Intensitas penggunaan laptop yang terlalu sering membuat kita terkadang lupa untuk mengecek kondisi laptop. Nah, sebelum kerusakan keyboard menjadi masalah yang besar, sebaiknya harus dilakukan pembersihan keyboard dari debu dan pasir yang kemungkinan sudah menumpuk di bawah tombol. Berikut cara ampuh membersihkan keyboard laptop yang bisa kamu coba.

1. Pastikan Laptop Dalam Posisi Mati

Untuk alasan keamanan laptop, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu sebelum memulai tindakan pembersihan keyboard. Tujuan menonaktifkan laptop adalah untuk menghindari terjadinya korsleting yang bisa saja merusak komponen dan sistem yang ada di dalamnya. Karena tidak menuntun kemungkinan kamu akan menekan berbagai macam tombol pada keyboard ketika membersihkannya.

2. Letakan Laptop Dalam Posisi Terbalik

Meletakan laptop dalam posisi terbalik akan memberikan kemudahan saat membersihkan keyboard laptop. Sela-sela keyboard yang sempit menjadi tempat persembunyian pasir dan debu sehingga sulit dijangkau ketika dibersihkan. Dengan posisi laptop yang terbaik akan membuat kotoran jatuh dengan sendirinya, sehingga proses pembersihan keyboard tidak memakan banyak waktu.

3. Dengan Menekan Keyboard Seperti Sedang Mengetik

Cara ini dilakukan ketika laptop masih dalam keadaan terbalik. Jadi untuk memudahkan debu dan pasir keluar dari sela-sela keyboard maka bisa dilakukan dengan cara menekan-nekan tombol, seperti sedang mengetik. Ditahap ini, kamu harus memegang laptop dengan kuat dan benar, supaya laptop tidak jatuh atau carilah tempat yang aman ketika membersihkan keyboar laptop untuk meminimalisir kerusakan laptop akibat jatuh.

4. Membersihkan Keyboard Laptop Dari Luar

Tidak hanya pasir dan debu yang menempel di keyboard laptop. Benda-benda lain pun terkadang jatuh atau menempel di keyboard, seperti tetesan air, minyak, air keringat, bubuk makanan dan sebagainya. Hal tersebut bisa berpotensi merusak keyboard laptop, sehingga diwajibkan untuk membersihkannya dengan menggunakan tisu kering, lap bersih ataupun cottonbud.

5. Menggunakan Alat Vacuum Cleaner

Cara efektif untuk membersihkan keyboard dari debu adalah dengan menggunakan alat vacuum cleaner. Dengan adanya alat penyedot debu ini, kamu bisa menghemat banyak waktu dan tenaga. Namun, alat penyedot debu yang digunakan untuk membersihkan keyboard berbeda dengan yang bisanya.  Vacuum cleaner harus berukuran mini dan bertekanan rendah agar tidak mengganggu fungsi keyboard.

6. Menggunakan Brush Make Up

Cara membersihkan keyboard laptop selanjutnya adalah menggunakan brush make up yang sudah bekas ataupun masih baru, intinya brush make up yang masih bisa digunakan. Alat ini akan membantu menyapu debu dan pasir yang menyelinap di bawah tombol keyboard.

7. Menggunakan Alat Hair Dryer

Jadi sebelum menggunakan alat hair dryer untuk membersihkan keyboard laptop, pastikan dulu bahwa semua sela-sela keyboard  sudah bersih dari debu dan pasir yang membandel. Tujuannya adalah supaya dorongan dari hair dryer tidak membuat debu dan pasir semakin masuk ke dalam. Selain itu, ketika kamu akan menggunakan vacuum cleaner, usahakan laptop dalam kondisi dingin atau tidak sedang digunakan.

8. Mencabut Tombol Keyboard Laptop Bagi Yang Ahli

Cara yang terakhir ini tidak dianjurkan buat kamu yang belum mahir dan berpengalaman. Cara ini memang terbukti efekti untuk membersihkan keyboard laptop dari debu, namun memiliki resiko kerusakan yang tinggi jika kamu salah melakukannya. Akibatnya keyboard tidak mau berfungsi seperti biasanya.

Baca Juga : Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Jadi sebelum mencabut tombol keyboard laptop sendiri, pastikan kamu sudah tahu caranya dengan melihat video tutorial di youtube. Jika masih ragu-ragu, sebaiknya minta bantuan ke orang yang sudah ahli komputer. Biar jika ada kesalahan atau kerusakan bisa langsung diperbaiki.

Demikian cara aman membersihkan keyboard laptop yang bisa kamu terapkan secara rutin. Hal ini tentunya bisa membuat keyboard laptop menjadi lebih awet. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel