-->

9 Penyebab Charger HP Rusak Yang Jarang Diketahui

Charger HP atau perangkat pengisian daya menjadi benda yang sebagian orang selalu membawanya ke mana pun mereka pergi. Penggunaan smartphone yang berlebihan akan membuat asupan daya baterai menjadi cepat habis sehingga diperlukan charger untuk membantu kamu mengisi kembali daya baterai pada smartphone.

Umumnya, penyebab charger HP cepet rusak terjadi karena kebiasaan pengguna yang salah dalam penggunaan charger. Salah satu yang sering terjadi yaitu kebiasaan menggulung atau melipat kabel charge HP yang tidak benar, hal ini tentunya akan merusak komponen serat tembaga yang terdapat di dalam kabel charger tersebut.

Selain itu kebiasaan menggulung kabel yang sembarangan akan membuat kabel charger bisa putus dan tidak dapat berfungsi kembali. Jika charger hp sudah rusak, maka kamu harus membeli charger HP original yang biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bukankah ada charger smartphone KW yang harganya lebih murah? disarankan untuk tidak menggunakan charger KW, karena dapat berpotensi merusak HP kamu.

9 Penyebab Charger HP Rusak Yang Jarang Diketahui

Agar charger HP tidak cepat rusak maka kamu harus bisa menghindari kebiasan-kebiasan yang menyebabkan charger rusak. Lantas, apa saja penyebab charger HP rusak? Di bawah ini kami sudah merangkum yang menjadi penyebab umum charger ponsel menjadi cepat rusak.

1. Mencabut Charger HP Secara Kasar

Kebiasaan mencabut charger yang masih terhubung ke HP secara sembarangan bisa menyebabkan charger rusak. Apalagi jika mencabut tepat di bagian kabel data, tentu saja hal ini tidak dibenarkan karena berpotensi memperpendek usia pemakaian dari charger HP itu sendiri.

Kebiasaan semacam ini terjadi ketika kamu sedang terburu-buru, sebaiknya mencabut charger secara pelan-pelan agar serat tembaga pada kabel tidak putus ataupun rusak.

2. Menggulung dan Meletakan Charger HP Sembarangan

Sebagian pengguna smartphone seringkali menyepelekan hal yang satu ini, mereka cenderung menggulung lalu meletakan charger di tempat yang tidak semestinya, hal ini bisa membuat charger rusak. Meletakan charger yang sembarangan berpotensi terinjak atau tertindih benda lain yang bisa membuat kabel terputus  atau bahkan pecah.

Cara mengatasinya adalah dengan menggulang charger dengan alur yang benar lalu menjepitnya dengan penjepit kabel dan simpan di tempat yang benar serta tidak panas.

3. Menggunakan Charger HP Yang Tidak Original

Kebanyakan orang tidak memperdulikan kualitas sebuah charger HP, mereka beranggapan bahwa mengisi daya menggunakan charger apa saja tidak masalah yang penting cocok. Padahal penggunaan charger original sangat berpengaruh pada ketahanan charger itu sendiri baik dari ketebalan kabel dan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat charger.

Penggunaan charger yang tidak sesuai akan membuat charger cepat rusak dan jika digunakan pada HP yang tidak sesuai spesifikasi maka dapat mengakibatkan rusaknya pada sejumlah komponen.

4. Menggunakan HP Saat Pengisian Daya Baterai

Sebagian orang beranggapan bahwa bermain HP saat proses pengisian daya baterai berlangsung adalah hal yang wajar. Namun, dibalik semua itu memiliki dampak buruk yang akan terjadi, seperti charger HP akan cepat panas dan proses pengisian daya menjadi lebih lama. Selain dapat merusak charger, menggunakan HP ketika pengisian daya juga dapat merusak HP itu sendiri.

Baca Juga : Peralatan Untuk Live Streaming Youtube

Kebiasaan semacam ini seringkali dilakukan pada orang yang over dalam menggunakan HP. Contohnya pengguna yang hobi bermain game, menonton youtube dan membuka sosial media. Sebaiknya hindari menggunakan HP saat di cas, cobalah melakukan aktivitas lain sambil menunggu daya baterai penuh.

5. Sering Mencabut dan Mencolok Charger HP

Penyebab rusaknya charger HP adalah kebiasaan pengguna yang terlalu sering mencolok dan mencabut charger dalam satu waktu. Hal ini tentu akan mempercepat rusaknya charger, kemungkinan kerusakan terjadi pada kondisi charger yang longgar, tembaga kuning pada charger rusak dan sebagainya.

6. Mencharger HP Dengan Waktu Yang Lama

Bagi yang suka mengisi daya baterai di malam hari dan mencabutnya setelah bangun tidur, sebaiknya mulai sekarang kebiasaan tersebut dihilangkan. Mencharger dengan waktu yang lama akan berpengaruh pada charger dan juga baterai itu sendiri, karena adanya peningkatan suhu pada charger. Jika kebiasaan ini terus kamu lakukan, maka akan beresiko pada usia pemakaian baterai dan charger yang menjadi lebih pendek.

7. Mencharger HP di Sumber Listrik Yang Tidak Stabil

Ketika daya baterai HP sudah mulai habis, biasanya orang akan mencari lokasi colokan yang dialiri listrik. Padahal, banyak pengguna yang tidak memahami atau menyepelekan kondisi dari stop kontak dan aliran listrik yang ada di dalamnya.

Kondisi aliran listrik pada stop kontak yang bisa saja kurang tau lebih dapat menimbulkan peningkatan suhu, terutama di bagian kepala charger. Tak hanya merusak charger, aliran listrik yang tidak stabil juga berpotensi merusak HP itu sendiri.

8. Charger HP di Tempat Yang Panas

Sebelum melakukan pengisian daya baterai HP, cobalah untuk memperhatikan ruangan dimana kamu akan mencharger. Apakah suhunya ruangan normal atau justru panas? Pasalnya, HP akan mudah rusak ketika berada di tempat yang bersuhu tinggi. Mengecas di ruangan yang panas dapat mempengaruhi komponen di dalam smartphone dan juga charger.

9. Membiarkan Charger HP Terhubung ke Stop Kontak

Pengguna ponsel yang selalu tergesa-gesa karena suatu hal biasanya cenderung mencabut songket charger yang terhubung di HP, namun lupa untuk mencabut charger yang berada di stop kontak. Kebiasaan semacam ini akan membuat charger panas dan akhirnya rusak, karena aliran listrik akan terus terhubung ke charger. Tentu ini akan mengakibatkan beberapa komponen pada charger mengalami kerusakan.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Cepet Rusak

Itulah kebiasaan yang dapat menyebabkan charger HP rusak, sebaiknya hindari kebiasaan di atas agar charger dan baterai smartphone kamu menjadi lebih awet. Semoga informasi yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel