-->

10 Keuntungan dan Kerugian Factory Reset HP Android

Sebagian pengguna Android mungkin pernah mendengar kata factory reset Android. Mereka beranggapan bahwa smartphone yang melakukan hard reset indetik dengan adanya masalah pada ponsel Android miliknya. Padahal terdapat keuntungan atau manfaat factory reset android yang bisa pengguna dapatkan, mulai dari kelancaran sistem,ponsel  lebih ringan dan sebagainya.

Tujuan pengguna android melakukan hard reset adalah untuk mengembalikan sistem perangkat lunak ke kondisi semula, yakni sesuai standar bawaan pabrik. Jadi setelah melakukan hard reset, Anda perlu melakukan setting ulang pada beberapa aplikasi dan menu lainnya.

10 Keuntungan dan Kerugian Factory Reset HP Android

Meskipun harus melakukan setting ulang pada ponsel android Anda, namun ada banyak keuntungan yang bakal Anda rasakan setelah melakukan reset. Namun di balik itu, ada juga beberapa kerugian yang bakal terjadi pada ponsel Anda. Lantas, apa saja keuntungan dan kerugian factory reset hp android?

Keuntungan Factory Reset HP Android

Sebenarnya dengan melakukan reset android akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun, pada kesempatan ini kami hanya memaparkan beberapa kelebihan yang terbilang penting dan jarang diketahui orang.

1. Ponsel Bersih Dari Virus dan Malware

Kelebihan yang pertama adalah smartphone Anda akan bersih dari semua virus dan malware. Terkadang tanpa kita sadari, data dan aplikasi yang ada di dalam smartphone bisa membawa virus dan malware. Jika hal itu terjadi maka akan membuat kerusakan dan bahkan error pada sejumlah sistem di ponsel. Untuk mengatasinya, cukup dengan melakukan factory reset.

2. Kinerja Ponsel Menjadi Optimal

Perlu diketahui bahwa setiap pengaturan yang kita lakukan, baik itu pengaturan default dan aplikasi secara individu yang telah diunduh ternyata bisa mempengaruhi kinerja ponsel android. Jika kinerja ponsel sudah terasa berat dan seringkali error, disarankan untuk melakukan factory reset untuk mengoptimalkan kembali ponsel Anda.

3. Menghapus Aplikasi dan Data Sampai ke Akar-Akarnya

Dengan melakukan reset android, maka semua aplikasi yang terhapus akan bersih sampai ke akar-akarnya. Mungkin sebagian besar dari pengguna android beranggapan, bahwa dengan menghapus atau uninstal aplikasi maka semua data di dalamnya telah hilang juga. Untuk membuktikannya, coba Anda cek menggunakan file explorer. di sana Anda akan menemukan folder dan file yang tersisa dari aplikasi yang telah anda hapus.

4. Membersihkan File Yang Tidak Berguna

Jika Anda melakukan factory reset pada Hp android, maka semua file yang tidak berguna di dalam ponsel baik berasal dari data aplikasi ataupun data yang sudah lama tersimpan akan terhapus secara keseluruhan. Alhasil ponsel android Anda akan menjadi lebih ringan dan lancar saat digunakan.

5. Ruang Penyimpanan Menjadi Longgar

Dengan melakukan factory reset, itu tandanya semua file di dalam smartphone akan terhapus keseluruhan. Dengan begitu, ruang penyimpanan akan kembali longgar dan ini akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih ringan dan cepat layaknya Hp Android baru.


Kerugian Factory Reset HP Android

Setelah membahas keuntungannya, kini kita akan mengulas apa saja kerugian factory reset HP android. Jadi setelah melakukan reset, Anda tidak perlu heran jika muncul beberapa masalah yang akan diterima ponsel Anda. Apa saja kerugiannya?

  1. Semua data pribadi, baik itu dalam bentuk file, foto, video dan dokumen akan terhapus. Untuk itu, disarankan untuk melakukan backup data sebelum melakukan factory reset.
  2. Aplikasi yang sedang dijalankan seringkali berhenti tiba-tiba dan bahkan bisa keluar dari aplikasi tersebut
  3. Mengalami masalah pada software
  4. Mengalami masalah pada layar, terkadang macet dan susah untuk digeser
  5. Kekuatan jangkauan sinyal pada smartphone menjadi terganggu

Melakukan reset smartphone dianjurkan jika kondisi smartphone Anda benar-benar mengalami masalah serius dan sulit untuk dibenahi. Perusahaan smartphone biasanya menyarankan untuk melakukan reset hanya 3 kali saja tiap ponsel.

Itulah keuntungan dan kerugian factory reset ponsel android yang bisa Anda peroleh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel