-->

7 Manfaat Mode Gelap (Dark Mode) di Media Sosial

Fitur mode gelap atau dark mode pertama kali disematkan oleh twitter pada tahun 2016 lalu. Sejak kemuculan mode gelap, kini banyak media sosial yang menerapkan fitur yang satu ini. Mulai dari youtube, facebook, whatsapp dan bahkan telegram. Jika fitur dark mode diaktifkan maka secara otomatis tampilan pada layar smartphone menjadi lebih gelap. Jadi drak mode ini mengubah tampilan latar belakang media sosial yang semulanya putih dan terang diubah menjadi gelap.

Meskipun hanya terlihat perbedaan dari segi tampilan, namun fitur dark mode memiliki beberapa manfaat bagi penggunannya. Mulai dari menghemat daya baterai, kenyamanan pengguna hingga yang berkaitan dengan kesehatan. Lantas, apa saja manfaat menggunakan mode gelap (drak mode) di media sosial? Berikut beberapa manfaat dark mode yang bisa pengguna dapatkan, yaitu:

7 Manfaat Mode Gelap (Dark Mode) di Media Sosial

1. Menciptakan Kontras Yang Lebih Baik

Manfaat menggunakan mode gelap atau dark mode di smartphone adalah dapat menjadikan kontras layar smartphone menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan cahaya yang dikeluarkan ponsel akan diminimalisir sehingga tidak begitu terang ketika berada di ruangan yang minim cahaya.

2. Mengurangi Radiasi Cahaya Biru Pada HP

Paparan radiasi cahaya biru atau blue light pada ponsel dapat menyebabkan penyakit berbahaya pada tubuh manusia. Salah satu efek yang ditimbulkan dari cahaya biru dapat membuat penggunanya berpotensi terkenan penyakit kanker. Namun, dengan mengaktifkan mode gelap ini akan mengurangi blue light yang dikelurkan dari ponsel sehingga membantu meminimalisir resiko penyakit tersebut.

3. Membuat Tulisan Menjadi Lebih Jelas

Manfaat mode gelap lainnya adalah tulisan pada layar ponsel menjadi lebih mudah dibaca. Tampilan tulisan akan terlihat jelas sehingga pengguna akan mudah membacanya, hal ini dikarenakan kontras yang dihasilkan dari mode gelap bisa membuat mata lebih fokus dalam membaca.

4. Menghemat Asupan Daya Baterai

Ternyata smartphone yang menggunakan mode gelap memiliki asupan daya baterai yang lebih sedikit dibandingkan mode default. Smartphone yang menggunakan mode terang atau default akan mengeluarkan kontras cahaya yang lebih tinggi. Nah, dengan menggunakan mode gelap, ponsel kamu akan hemat baterai dan sekaligus menjaga baterai agar selalu awet.

5. Mengurangi Kelelahan Mata

fungsi mode gelap pada smartphone yang kelima adalah membantu mengurangi kelelahan mata. aktivitas menatap layar ponsel yang terlalu lama dapat mengakibatkan mata mudah lelah, dengan mengaktifkan dark mode maka cahaya yang dikeluarkan dapat diminimalisir sehingga mata tidak bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak suapaya kondisi mata selalu basah.

6. Membuat Tampilan Layar HP Lebih Keren

Ternyata jika fitur mode gelap diaktifkan maka akan menghasilkan layar ponsel yang lebih menarik dan elegan. Hal ini dikarenakan tampilan layar yang semula terang berubah menjadi warna gelap. Fitur ini akan mengutamakan tampilan gambar, video dan tulisan sehingga pengguna menjadi fokus dan tentunya mata akan menjadi lebih nyaman ketika menatap layar smartphone.

7. Membuat Sistem Kerja Otak Lebih Baik

Manfaat dark mode di media sosial yang terakhir adalah membuat sistem kerja otak menjadi lebih baik dan maksimal. Pasalnya tubuh manusia akan rileks sehingga memudahkan tubuh memproduksi melatonin yang nantinya membuat kamu mengantuk dan tertidur.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pengucian Layar Pada Smartphone

Itulah fungsi atau manfaat mode gelap di smartphone yang jarang diketahui, saya sendiri menggunakan dark mode di media sosial yang saya miliki. Alasannya, mode gelap atau dark mode membuat mata menjadi lebih nyaman ketika melihat layar ponsel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel