-->

Cara Mengetahui Pesan di Grup Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum

Apakah kamu suka penasaran jika pesan yang ditulis pada grup whatsapp sudah dibaca oleh semua anggota grup atau belum? Ternyata aplikasi whatsapp memiliki fitur tersembunyi dan banyak penggunanya yang belum mengetahui, salah satunya yaitu fitur untuk mengecek chat sudah dibaca oleh anggota grup. Caranya cukup mudah dan sederhana, namun bagi kamu yang belum tahu. Silahkan simak caranya dibawah ini.

Pada aplikasi whatsapp sendiri memiliki tanda untuk memberikan informasi kepada penggunanya tentang laporan dibaca. Dua tanda centang berwarna abu-abu menandakan bahwa pesan telah tersampaikan ke semua peserta di dalam grup, sedangkan dua tanda centang berwarna biru menandakan bahwa pesan kamu telah terbaca oleh semua anggota grup tersebut.

Untuk bisa mengetahui informasi pesan di grup whatsapp sudah dibaca atau belum, maka kamu perlu melakukan beberapa langkah. Untuk lebih jelasnya, simak caranya berikut ini.

Cara Cek Pesan Di Grup Whatsapp, Apakah Sudah Dibaca?

1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone
2. Buka salah satu grup yang ada di whatsapp
3. Ketuk dan tahan pesan yang telah kamu kirim di grup whatsapp, lalu klik Icon Titik Tiga dipojok kanan atas
Cara Mengetahui Pesan di Grup Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum

4. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi, untuk mengetahui chat kamu di grup sudah dibaca atau belum. Maka pilih dan klik Info, kemudian layar info pesan akan menampilkan beberapa informasi
Cara Mengetahui Pesan di Grup Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum

5. "Dibaca oleh atau Read by" menandakan bahwa penerima pesan telah membaca chat atau melihat gambar, file, video dan audio yang kamu kirim. Sedangkan untuk pesan suara, penerima telah melihat pesan suara kamu, namun belum memutar pesan tersebut
Cara Mengetahui Pesan di Grup Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum

6. "Tersampaikan ke atau Delivered to" menandakan pesan kamu telah disampaikan ke perangkat penerima, namun penerima belum melihat pesan tersebut. Dalam hal ini tandanya adalah dua centang berwarna abu-abu
Cara Mengetahui Pesan di Grup Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum

7. "Diputar atau Played by" menandakan bahwa penerima telah memutar pesan suara yang kamu kirim di grup

Semua anggota grup whatsapp perlu tahu bahwa ketika seorang peserta keluar dari grup, layar info pesan akan tetap menampilkan informasi awal berisi semua peserta, termasuk peserta yang telah meninggalkan grup.

Baca Juga :

Namun, bagaimana jika ada seseorang dari peserta grup yang menonaktifkan Laporan Dibaca pada stelan privasi akun whatsapp miliknya? Hal ini akan membuat chat jaringan pribadi (japri) dengan teman tersebut tidak akan memperlihatkan centang biru. Whatsapp akan menyebut jika setelan privasi semacam itu tidak akan menonaktifkan laporan dibaca untuk pesan grup dan laporan  diputar untuk chat suara. Tidak ada cara untuk menonaktifkan pengaturan ini.

Itulah cara mengetahui pesan di grup whatsapp sudah dibaca atau belum, caranya cukup mudah dan simple bukan? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel