-->

Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Akibatnya

Sekarang ini aplikasi whatsapp kian banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan whatsapp termasuk aplikasi ringan, hemat kuota internet dan gampang dioperasikan. Nah untuk mendukung kenyamanan pengguna, whatsapp telah menambahkan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna. Salah satunya yang mungkin pernah kamu dengar yaitu fitur mematikan centang biru atau menonaktifkan laporan dibaca.

Kelebihan fitur ini adalah dapat melindungi privasi dan keamanan kamu ketika menggunakan whatsapp, seperti agar tidak diketahui oleh pengirim pesan kalau kamu sudah membaca pesan tersebut. Hal ini dikarenakan laporan dibaca tidak berubah menjadi biru, melainkan tetap centang dua berwarna abu-abu. Namun, jika menonaktifkan laporan dibaca maka secara otomatis kamu juga tidak dapat melihat status dan mengetahui pesan kamu sudah terbaca atau belum.

Kamu dapat menonaktifkan laporan dibaca jika merasa aman dan nyaman, maka tidak ada masalah bagi kamu untuk tetap menonaktifkannya. Untuk lebih jelas mengenai cara menonaktifkan laporan dibaca, maka simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu
2. Lalu klik Icon Titik Tiga di pojok kanan atas
Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Akibatnya

3. Selanjutnya pilih menu Setelan
Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Akibatnya

4. Terdapat beberapa opsi di dalam menu setelah, silahkan klik Akun
Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Akibatnya

5. Whatsapp akan menampilkan beberapa menu yang ada di dalam akun, lalu klik Privasi
Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Akibatnya

6. Kemudian kamu tekan atau klik Laporan Dibaca. Dibawah fitu ini terdapat keterangan bahwa "jika fitur ini dinonaktifkan maka kamu tidak akan mengirim dan menerima laporan dibaca. Laporan dibaca akan selalu dikirim untuk chat grup". Selain itu, fitur ini tidak dapat menonaktifkan laporan diputar untuk pesan suara dan tidak ada cara untuk menonaktifkan pengaturan ini.
Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Akibatnya

Seperti yang telah dijelaskan diatas kalau dengan menonaktifkan fitur ini maka pengguna akan menerima konsekuensinya, apa saja itu? Berikut beberapa akibat dari menonaktifkan laporan dibaca pada whatsapp, yaitu:

1. Laporan Terbaca Tidak Dapat Diketahui

Akibat pertama yang akan diterima pengguna jika menonaktifkan fitur ini adalah laporan terbaca tidak dapat diketahui. Menonaktifkan fitur ini akan membuat kamu tidak dapat melihat tanda centang dua berwana biru di samping pesan yang kamu kirim. Dengan begitu, kamu tidak bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah terbaca atau belum. Hal ini juga berlaku pada penerima pesan, dimana ketika pesan dikirim kepadamu maka dia juga tidak melihat tanda centang biru.

Baca Juga :

Sebaiknya fitur ini dipergunakan untuk seperlu saja, seperti sekedar mengerjai teman atau juga untuk keamanan privasi. Namun jika fitur ini tidak mengganggu kamu maka diaktifkan saja, karena fitur laporan baca akan memudahkan kamu untuk mengetahui pesan telah terbaca oleh penerima.

2. Jumlah Tampilan Status Tidak Terdeteksi

Aplikasi whatsapp menyediakan fitur untuk memposting status, tentu saja ini akan membuat penggunanya nyaman dan betah untuk teruk menggunakan whatsapp. Ketika kamu membuat status video, foto dan lainnya maka kamu dapat mengetahui jumlah tampilan dari status tersebut. Lebih jelasnya, jumlah kontak yang melihat status yang kamu buat.

Namun setelah kamu menonaktifkan laporan dibaca, maka secara otomatis kamu tidak mendapatkan jumlah tampilan tersebut. Jumlah tampilan status akan tetap nol, meskipun pengguna lain telah melihat, menonton atau bahkan berkomentar.

Demikian cara menonaktifkan laporan dibaca dan akibatnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk menambah wawasan Anda, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel