-->

Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

Mengkompres foto adalah cara yang dilakukan sebagian orang untuk memperkecil ukuran file foto. Terkadang foto hasil camera smartphone dan yang di download dari internet memiliki kapasitas ukuran file yang besar sehingga diperlukan langkah efektif untuk mengkompres foto menjadi lebih menghemat ruang peyimpanan tanpa mengurangi kualitas foto tersebut.

Ada banyak cara yang bisa  anda lakukan untuk memperkecil kapasitas ukuran foto tanpa software dan juga bisa menggunakan bantuan situs online. Namun biasanya pada situs online tertentu membatasi kapasitas maksimal ukuran file  foto yang bisa dikompres.

Banyak alasan yang membuat orang melakukan kompres foto, dengan kapasitas file foto yang kecil akan mempermudah seseorang mengupload foto ke jejaring media sosial. Selain itu akan menghemat ruang penyimpanan memori dan mempercepat loading sebuah website. Lalu bagaimana cara termudah untuk mengkompres file foto tanpa menggunakan bantuan software.

Cara Kompres File Foto Tanpa Software

Untuk memperkecil kapasitas ukuran file foto kita bisa menggunakan bantuan Microsoft office picture manager yang sudah tersedia di dalam perangkat leptop dan komputer. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kita bisa mengkompres file foto hingga beberapa persen tanpa mempengaruhi kualitas dan ukuran foto. Untuk lebih jelasnya lagi, simak tutorial dibawah ini.

1. Pastikan perangkat leptop atau komputer anda sudah dalam keadaan menyala. Selanjutnya buka This PC (bila di leptop) lalu cari folder dimana anda meletakan file foto yang akan dikopres menggunakan Microsoft office manager.

Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

2. Setelah menemukan nama folder yang berisi file foto yang akan dikompres, silahkan buka folder tersebut dan cari foto apa saja yang akan anda perkecil kapasitas ukuran filenya.

Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

3. Setelah menemukan foto yang akan dikompres, anda dapat mengklik kanan pada mouse di bagian gambar, kemudian pilih open with lalu anda akan diarahkan ke pilihan yang lain. Ada beberapa pilihan di bagian menu baru, pilih dan klik Microsoft office picture manager untuk mengikuti cara selanjutnya.

Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

4. Setelah masuk ke lembar kerja Microsoft office picture manager, maka pada bagian kanan atas terdapat sederetan menu pilihan. Di bagian menu tersebut pilih picture, setelah itu akan muncul sederetan option. Anda hanya perlu mengklik compress picture sesuai dengan tujuan anda sebelumnya yaitu untuk memperkecil ukuran file foto.

Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

5. Selanjutnya akan muncul lembaran pilihan di sebelah kiri gambar. Pada bagian tersebut anda akan diberi pilihan mengkompres foto untuk documents, web pages dan email messages. Supaya kualitas dan ukuran foto tidak berubah saat dikompres maka sebaiknya memilih documents. Selanjutnya di bagian estimated total size akan ada pemberitahuan total file foto sebelum dan sesudah dikompres. Untuk langkah selanjutnya klik OK untuk memproses. Lalu pilih save as untuk menyimpan file foto yang sudah dikompres.

Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

Nah, itu tadi cara mudah mengkompres file foto tanpa menggunakan bantuan software dengan mudah dan cepat. Namun bagi anda yang ingin mengkompres foto menggunakan situs online maka kami menyarankan 4 situs yang paling rekomendasi untuk dicoba dan cara ini bisa dilakukan melalui perangkat seluler dan computer (pc).

Situs Online Untuk kompres File Foto

Situs online di bawah ini kerap kali digunakan oleh banyak orang untuk memperkecil ukuran file foto. Ada dapat menggunakannya di perangkat komputer dan smartphone. Hanya saja pada tampilan seluler sedikit berbeda, akan tetapi jika anda ingin mengubah tampilan seluler seperti komputer maka bisa mensetingnya di bagian situs destop.

a. TinyPNG.com

Situs online yang pertama adalah TinyPNG. Sebuah situs yang dapat kompres foto dengan mudah dengan format PNG dan JPEG. Situs ini memiliki batasan maksimum foto yang dapat dikompres dengan baik, anda dapat menambahkan foto sampai 20 gambar dengan masing-masing gambar berukuran 5 MB. Hasil dari foto yang telah dikompres tidak begitu berbeda, TinyPNG hanya mengurangi jumlah warna dalam gambar.

b. Kraken.oi

Alat online yang digunakan untuk mengoptimalkan foto dan kompresor dengan algoritma terbaik di kelasnya. Kraken akan menghemat bandwidth dan ruang penyimpanan untuk menghasilkan performa situs web menjadi lebih baik.

c. Compressor.oi

Compressor.io adalah sebuah situs rujukan untuk mengurangi ukuran gambar dan foto anda dengan mempertahankan kualitas terbaik. Hasil gambar yang telah dikompres tidak begitu terlihat berbedaanya pada gambar sebelum dan sesudah di kompres. Foto yang dapat dikompres menggunakan situs ini adalah gambar berformat PNG, JPG, GIF SVG.

d. Optimizilla

Optimizillah adalah situs gratis yang menggunakan kombinasi dari algoritma kompresi terbaik untuk memperkecil ukuran gambar yang dibutuhkan. Format gambar yang didukung situs ini adalah JPEG dan PNG. Anda juga bisa kompresi 20 foto sekaligus dapat mengatur tingkat kompresi dan kualitas gambar seperti yang diinginkan..

Manfaat Kompres Ukuran File Foto

Mengkompres foto jelas memiliki banyak manfaatnya. Namun kebanyakan orang tidak sepenuhnya mengetahui kegunaan foto yang telah dikompres, lalu apa saja manfaat kompres file foto, diantaranya:

1. Memperkecil kapasitas ukuran file sebuah foto
2. Untuk mempercepat dan memudahkan berkirim foto.
3. Cara alternatif untuk menghemat kuota internet.
4. Mengurangi kegagalan dalam mengirim foto, karena kapasitas ukuran foto yang terlalu besar.
5. Mempercepat mengupload sebuah foto ke jejaring sosial
6. Menghemat kapasitas ruang penyimpanan memori
7. Mempercepat loading sebuah situs website.

Demikian artikel mengenai cara kompres foto, situs online untuk kompres foto dan manfaat dari foto yang telah dikompres. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel