-->

Cara Cepat Membuat Tabel HTML di Postingan Blog

Membuat tabel di dalam artikel dan postingan blog adalah hal yang sering dilakukan oleh sebagian blogger untuk memberikan informasi mengenai suatu topik secara lebih lengkap dan mudah dipahami oleh pembaca. Model tabel yang sering kali digunakan  oleh para blogger adalah jenis tabel yang menggunakan kolom dan baris. Penerapan tabel pada postingan artikel menggunakan kode HTML (Hypertext Markup Language) memang lebih mudah dan hasil tabel pada tampilan seluler dan komputer terlihat lebih responsive.

Tampilan tabel yang responsive dan menarik akan membuat pengunjung blog lebih nyaman saat membaca artikel. Nah, Bagi yang sudah memahami kode HTML, mungkin bisa mengedit warna, ukuran huruf dan tebal garis tabel untuk mempercantik tampilan tabel sesuai selera. Sedangkan bagi blogger yang ingin membuat tabel dengan cara yang cepat dan praktis bisa memanfaatkan situs online penyedia pembuatan tabel dalam bentuk HTML.

Dalam artikel ini Anda akan dipandu mengenai cara membuat tabel di postingan dengan cara yang cepat. Jadi ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat tabel HTML yang responsive, untuk lebih jelasnya simak tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Tabel HTML di Postingan Blog

1. Buatlah dulu tabel di Microsoft office word atau Microsoft exel, lalu isi semua datanya. Pembuatan tabel ini bertujuan agar Anda tidak mengisi data lagi saat di dalam postingan blog.
Cara Cepat Membuat Tabel HTML di Postingan Blog
2. Setelah selesai membuat tabel dan memastikan bahwa data yang telah diisi benar semua maka langkah selanjutnya blok dan ambil tabel serta data tersebut.

3. Karena kita memanfaatkan situs online untuk membuat tabel maka silahkan buka www. tableizer.journalistopia.com dan di bawah ini adalah tampilan gambar dari situs tersebut.
Cara Cepat Membuat Tabel HTML di Postingan Blog
Fungsi fitur:

a) No CSS adalah tidak menggunakan kode CSS
b) Font size adalah menentukan ukuran huruf pada tabel
c) Header color adalah warna pada header tabel
d) Font adalah jenis huruf yang akan digunakan pada tabel
e) Tableize it adalah pilihan untuk membuat tabel dalam bentuk kode HTML
f) Reset adalah menghapus semua tulisan tabel
g) HTML to clipboard adalah mengambil data tabel yang sudah dirubah dalam bentuk HTML
h) Tableize again adalah untuk memulai kembali pada tampilan awal

4. Setelah data diambil, silahkan tempelkan data tabel tersebut pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya klik tableize it untuk merubah data ke HTML.

5. Setelah selesai melakukan proses perubahan, Anda akan dipaparkan contoh bentuk tabel yang telah dilakukan perubahan tepat dibawah kolom HTML to clipboard.
Cara Cepat Membuat Tabel HTML di Postingan Blog
6. Selanjutnya Anda ambil kode tabel HTML tersebut dengan mengeklik HTML to clipboard.

7. Letakan kode tersebut di dalam postingan artikel Anda dengan menggunakan tampilan HTML terlebih dahulu yang ada di pojok kiri dan setelah itu tekan compose.

8. Sebelum mempublikasikan postingan, sebaiknya artikel dipratinjau terlebih dahulu untuk memastikan tampilan tabel sudah tepat apa belum.

Manfaat Membuat Tabel HTML di Postingan

Sering kali kita menemukan artikel yang menggunakan tabel di dalam postingan. Penggunaan tabel memiliki manfaat yang besar untuk memberikan informasi yang akurat pada pembaca.

1. Dengan membuat tabel di artikel dapat mempermudah pembaca dalam memahami isi bacaan secara jelas dan terperinci

2. Postingan menjadi lebih menarik

3. Penggunaan tabel dimanfaatkan untuk membahas topik seperti spesifikasi smartphone, sepeda motor dan lain sebagainya.

4. Tabel HTML dapat menyesuaikan pada ponsel dan destop, sehingga tampilan tetap responsive

5. Penyamppaian informasi menggunakan taabel menjadi lebih singkat dan cepat.

Itulah informasi bagaimana cara membuat tabel HTML di postingan blog menggunakan situs online. Jika Anda ingin merubah tampilan tabel menjadi lebih menarik maka bisa mengubah kode HTML-nya. Semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel