-->

Cara Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

Menyembunyikan file di android adalah cara yang sering kali orang lakukan agar file foto, video dan dokumen yang tersimpan di ponsel tetap aman. Pasalnya sebagian besar data yang ada di smartphone tersimpan rapi di memori internal dan eksternal, sehingga perlu dilakukan penyembunyian data agar tidak diambil oleh pihak yang berniat tidak baik terhadap Anda.

Untuk mencegah kehilangan data, kini perangkat ponsel android sudah dilengkapi fitur penguncian layar sebagai keamanan pertama. Ada beberapa teknologi penguncian layar ponsel yang  sudah diterapkan hingga saat ini yaitu tipe geser, bentuk pola, sandi dan scan sidik jari dan wajah. Apabila kode keamanan layar diketahui oleh orang lain maka kemungkinan besar data privasi yang ada di seluler bisa dilihat oleh orang tersebut.

Keamanan ponsel dengan menambah aplikasi security tidak memiliki manfaat yang besar untuk menjaga file dan dokumen yang ada di ponsel, pasalnya bila aplikasi tersebut di uninstall maka security untuk aplikasi lainnya otomatis akan hilang. Oleh karena itu, saya merekomendasikan buat Anda untuk menyembunyikan data file dan dokumen menggunakan trik jitu yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Android

Jadi disini Anda tidak perlu menggunakan tambahan software atau aplikasi untuk menyembunyikan data ponsel, Anda hanya perlu menggunakan trik yang sebenarnya sudah ada diponsel. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorial berikut ini.

1. Kebetulan kali ini saya menggunakan smartphone Samsung. Silahkan Anda cari folder yang sudah berisi file foto, video dan dokumen yang akan disembunyikan. Di bawah ini saya menggunakan satu folder yang berisi banyak file,  dimana file tersebut masih terbaca di menu galeri dan menu video.

Cara Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

2. Untuk menyembunyikan folder tersebut, silahkan masuk ke menu file saya dan cari dimana Anda menyimpan data tersebut (penyimpanan perangkat atau kartu SD). Kebetulan di tutorial ini saya menyimpan di kartu SD, karena data di folder tersebut berkapasitas besar.

Cara Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

3. Selanjutnya folder yang akan disembunyikan di klik dan tahan sebentar, maka akan muncul tanda centang di bagian kiri. Langka berikutnya pilih menu lainnya yang berada di pojok kanan atas dan klik ubah nama.

Cara Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

4. Folder yang diubah namanya cukup diberi tanda titik di bagian paling depan dan setelah selesai klik ubah nama untuk mengakhirinya. Setelah itu klik menu lainnya dan pilih sembunyikan file tersembunyi maka secara otomatis folder tersebut akan menghilang dan tidak terbaca di tampilan menu galeri ataupun menu video.

Cara Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

5. Kegunaan tanda titik di awal nama folder merupakan salah satu kode yang membuat ponsel tidak bisa membaca dan melacak dari folder tersebut. Apabila Anda ingin menampilkan kembali isi file di folder tersebut, silahkan klik menu tampilkan file yang tersembunyi dan ubah nama folder lalu hapus tanda titiknya setelah itu simpan. Maka data dari folder tersebut akan muncul kembali di menu galeri atau menu video.

Cara Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

Apabila Anda dapat mengikuti cara diatas dengan benar maka file yang berada di folder akan disembunyikan. Jadi jangan sampai salah dan perhatikan setiap langkah yang sudah saya jelaskan diatas. Ada banyak kegunaan dan manfaat yang di dapat jika kita menyembunyikan file foto, video dan dokumen di samrtphone.

Manfaat Menyembunyikan File di Android

Fitur yang disediakan oleh ponsel sangat membantu pengguna dalam menjaga keamanan data yang terdapat di dalamnya. Walaupun banyak sekali orang yang belum mengetahui manfaat dari fitur ini, maka melalui artikel ini saya berkeinginan untuk membaginya. Lalu apa manfaat menyembunyikan file di android.

Baca Juga : Cara Efektif Compress Ukuran File Foto Tanpa Bantuan Software

a)Menjamin Keamanan Data

Menyembunyikan file adalah cara yang paling efektif dan ampuh untuk menjamin keamanan data di ponsel, data yang tersembunyi akan sulit untuk ditemukan oleh orang lain.

b)Menghindari Kehilangan Data

Keamanan data pengguna akan menjadi lebih baik jika kita memaksimalkan penggunaan fitur keamanan yang ada di ponsel. Untuk mengoptimalkan Anda bisa menggabungkan beberapa penguncian layar, penguncian aplikasi dan menyembunyikan file. Hal itu perlu dilakukan jika file yang ada di folder benar-benar penting.

c)Tidak Mudah Dilihat Orang

Data yang telah disembunyikan tidak akan bisa terbaca di menu galeri dan video, ini merupakan cara ampuh untuk orang lain tidak mudah melihat dan menemukan file apa aja yang ada di ponsel Anda.

Demikian informasi mengenai cara menyembunyikan file di android tanpa bantuan aplikasi. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel