-->

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Yang Benar

Apakah android Anda sering mengalami ngeleg dan lambat memproses suatu perintah ke perintah yang lain. Hal semacam ini biasanya disebabkan adanya file sampah yang menumpuk, bahkan meskipun sudah dibersihkan tapi smartphone Anda masih tetap lemot.

Ada beberapa file sampah yang tersembunyi pada memori internal perangkat HP yang sebagian besar penggunanya tidak mengetahuinya. Nah, untuk mengatasi kinerja smartphone agar kembali optimal perlu adanya pembersihan sampah secara rutin di handphone Anda.

Cara Hapus File Sampah Di Android


Metode pembersihan file sampah ada yang menggunakan fitur bawaan handphone ataupun mengunduh aplikasi tambahan yang berfungsi membersihkan file sampah secara menyeluruh. Berikut ini cara menghapus file sampah yang tersembunyi di android.

1. Menginstal Aplikasi Files By Google

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Yang Benar

Jika di handphone Anda belum terdapat aplikasi Files By Google, sebaiknya download dan instal aplikasinya. Perlu diketahui bahwa, aplikasi ini selain bisa membersihkan semua file yang tersembunyi pada memori perangkat dan kartu SD.

Ada juga beberapa kelebihan yang terdapat pada aplikasi ini seperti, memiliki tampilan yang sederhana, memiliki tempat penyimpanan file yang tersembunyi, dapat membagikan file secara offline melalui fitur quick share dan menemukan file lebih cepat dengan fitur penelusuran.

2. Buka aplikasi Files By Google

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Yang Benar

Pada saat Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat beberapa fitur dan file-file yang terbagi dalam beberapa folder berdasarkan jenis file tersebut. Ada beberapa folder yang menyimpan file di android, seperti gambar, video, dokumen, audio dan download.

Baca Juga:

Perangkat penyimpanan pada smartphone terbagi menjadi tiga bagian, meliputi penyimpanan perangkat, penyimpanan kartu SD dan penyimpanan lainnya.

3. Klik Garis Tiga Sejajar Di Pojok Kanan Atas

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Yang Benar

Setelah membuka aplikasi Files By Google, selanjutnya Klik Garis Tiga Sejajar yang terletak di bagian pojok kanan atas.

4. Klik Sampah

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Yang Benar

Selanjutnya Klik Icon Tong Sampah. Pada bagian sampingnya tertera ukuran sampah yang tersembunyi dan perlu dibersihkan agar kinerja android kembali maksimal. Di bagian ini pula ada dua pembagian file sampah, yaitu sampah yang ada di penyimpanan internal dan sampah yang berada di kartu SD.

5. Pilih Hapus

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Yang Benar

Selanjutnya pilih file yang hendak Anda hapus secara permanen. Jadi file yang sudah di hapus tidak dapat di kembalikan atau diurungkan. Setelah memilih file sampah, silakan Anda Klik Hapus untuk membersikan file sampah secara permanen.

Baca Juga:

Manfaat membersihkan file sampah adalah smartphone Anda akan terasa lebih ringan dan memiliki kinerja yang lebih optimal. Contohnya, proses browsing internet yang lebih cepat, proses membuka games lebih lancar dan tidak ngeleg saat handphone digunakan.

Itulah cara menghapus file sampah tersembunyi di android yang jarang orang lain ketahui. Jika selama ini penghapusan file sampah pada HP Anda kurang maksimal, cobalah ikuti cara di atas. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel