-->

Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, melainkan menggunakan kuota internet. Banyak sekali manfaat menggunakan aplikasi yang satu ini, pasalnya kita bisa melakukan obrolan daring, mengirim voice note, video, file, foto dan sebagainya. Awalnya, aplikasi whatsapp dibuat untuk pengguna iPhone. Namun, sekarang ini aplikasi WA sudah tersedia bagi pengguna Android, Symbian, BlackBerry dan Windows Phone.

Sama seperti aplikasi sosial media pada umumnya, whatsApp memiliki beragam fitur yang bisa digunakan bagi penggunannya. Salah satu fitur pada wahtsaap yang terbilang bermanfaat banget adalah fitur grup, kamu bisa membuat grup WA dengan mudah hanya dengan beberapa langkah saja. Dengan adanya grup suasana chatting bersama teman, saudara atau bahkan orang tua menjadi lebih seru.

Cara Mudah Membuat Grup Whatsapp (WA)

Grup whatsapp adalah ruang online untuk mengobrol dan berbagi informasi kepada teman, tetangga dan bahkan saudara. Banyak sekali pengguna yang membuat grup WA, seperti grup alumni sekolah, organisasi, pemuda dan sebagainya. Kamu juga bisa mengundang dan mengeluarkan anggota dari grup, namun hal itu bisa berlaku apabila kamu admin di grup tersebut.

Membuat grup WA cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah, seperti menambahkan anggota, memberi nama grup yang akan dibuat dan menambahkan fotoprofil grub whatsapp. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Grup Whatsaap

1. Buka aplikasi whatsapp
2. Klik icon menu Titik Tiga yang ada di pojok atas
Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

3. Pilih buat Grup Baru
Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

4. Cari dan pilih kontak yang ingin ditambahkan ke grup
5. Klik tanda Panah Hijau
Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

6. Masukan Nama Grup whatsapp, ini akan menjadi nama grup yang akan terlihat oleh peserta
7. Klik Tanda Centang berwarna hijau jika semua sudah selesai
Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat grup whatsapp (WA), diantaranya:

  • Batas jumlah karakter untuk membuat nama grup adalah 25 karakter
  • Kamu dapat menambahkan emoji di nama grup dengan mengetuk ikon Emoji
  • Opsi lain, kamu dapat menambahkan ikon grup dengan mengetuk ikon kamera. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan galesi, kamera atau cari di web untuk menambahkan gambar. Setelah disetel, secara otomatis ikon tersebut akan tampil di samping nama grup di tab chat

Cara Mengundang Masuk ke Grup Menggunakan Tautan

Setelah kamu mengetahui cara membuat grup whatsapp, maka kamu juga harus tahu cara menginvite orang lain untuk masuk ke grup yang telah kamu buat. Untuk bisa mengundangnya, kamu harus menjadi admin grup tersebut. Kamu dapat mengundang orang lain untuk bergabung ke grup dengan membagikan tautan (Link) kepada mereka. Caranya gampang banget, ikuti langkah berikut ini.

1. Buka chat grup whatsapp
2. Ketuk Nama Grup tersebut
3. Klik undang Via Tautan atau Link
Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

4. Pilih kirim tautan via whatsapp, salin tautan ataupun bagikan lewat aplikasi lainnya
Cara Membuat Grup WhatsApp (WA) di Smartphone

Admin grup dapat memanfaatkan opsi setelan ulang tautan kapan saja untuk menjadikan tautan undangan sebelumnya tidak valid dan membuat tautan baru.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp (WA)

Perlu diketahui bahwa setiap pengguna whatsapp yang dibagikan tautan undangan grup dapat bergabung ke grup tersebut. Jadi gunakan fitur ini hanya untuk orang yang dapat kamu percayai, pasalnya seseorang bisa saja meneruskan tautan tersebut ke orang lain yang kemudian dapat bergabung ke grup tanpa harus mendapatkan persetujuan tambahan dari admin grup tersebut.

Itulah cara membuat grup whatsapp yang bisa dicoba pada smartphone kamu. Semoga dengan informasi ini dapat membantu kamu untuk mempermudah memahami cara membuat grup whatsapp di HP android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel