-->

Macam-Macam Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya

Ketika membeli kamera, pasti kita akan mencari tahu apa saja kelebihan yang ada di kamera tersebut. Tujuannya agar kita lebih mudah mengoperasikan kameranya dan bisa memaksimalkan apa saja fitur yang ada di dalamnya untuk mendapatkan sebuah foto atau video yang menarik. Kamera DSLR menjadi salah satu jenis kamera yang paling diminati oleh para fotografer professional dan pemula.

Banyak sekali fitur-fitur yang telah disematkan pada kamera DSLR dan setiap fitur memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagian besar fitur yang ada di kamera DSLR diutamakan untuk mendukung pemotretan foto atau pengambilan video agar hasilnya lebih jernih sesuai keinginan pengguna.

Macam-Macam Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya

Nah, untuk menjadi seorang fotografer professional, kita dituntut untuk bisa menggunakan kamera secara maksimal. Maka dari itu, fotografer wajib mengetahui apa saja fitur-fitur yang ada di kamera DSLR. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur di kamera DSLR, simak ulasannya di bawah ini.

1. Continous Shoot

Fitur yang pertama adalah continous shoot. Fitur ini sangat berguna untuk menangkap objek yang memiliki pergerakan cepat secara terus-menerus. Di setiap kamera DSLR memiliki kemampuan 4 frame per detik, 4 frame per detik, 5 frame per detik dan seterusnya. Fitur ini sangat penting dalam fotografi olahraga, satwa liar dan foto tugas jurnalistik.

2. Dioptri Viewfinder

Fitur kamera DSLR yang kedua adalah dioptri viewfinder. Fitur yang satu ini memiliki fungsi utama yaitu untuk mengatur pandangan viewfinder mendekat atau menjauh, mirip seperti zooming. Fitur dioptri viewfinder lebih sering digunakan pada fotografer yang memiliki gangguan dalam segi pandangan mata, seperti plus maupun minus.

3. Light Meter

Fitur kamera DSLR yang ketiga adalah light meter. Fitur yang satu ini memberikan manfaat yang besar pada kamera, fungsi utama dari fitur ini adalah untuk mengukur berapa besar pencahayaan yang masuk ke dalam sensor. Light meter terletak di viewfinder atau live view dengan indikator petunjuk point, jika arahnya ke kanan maka pencahayaan berkurang dan begitupun sebaliknya, bila arah ke kiri  akan terjadi kelebihan cahaya.

4. Framing Grid Pada Viewfinder

Fitur kamera DSLR yang keempat adalah framing grid pada viewfinder. Fitur yang satu ini memberikan kemudahan untuk melihat garis horizontal dan vertikal pada viewfinder yang memiliki fungsi untuk menentukan garis lurus atau mencari patokan garis lurus pada objek yang hendak di foto. Fitur ini juga direkomendasikan untuk berbagai jenis genre fotografi yang berpatokan pada garis-garis.

5. Built-In Image Stabilization

Macam-Macam Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya

Fitur kamera DSLR yang kelima adalah built-in image stabilization. Fitur ini sangat penting karena banyak lensa yang tidak memiliki image stabilization, terutama perdana atau tetap panjang fokus lensa. Meskipun sudah banyak lensa-lensa berbasis image stabilization yang memungkinkan Anda untuk melihat efek stabilisasi dalam jendela bidik.

6. Jendela Bidik

Fitur kamera kamera DSLR yang terakhir adalah jendela bidik. Fitur jendela bidik (kualitas dan ukuran) merupakan fitur yang tergolong penting. Umumnya, ada dua jenis jendela bidik yaitu penta prisma dan cermin. Penta prisma banyak digunakan pada kamera yang lebih canggih dan ukurannya lebih besar serta lebih terang dari jendela bidik cermin. Sedangkan jendela bidik cermin lebih banyak digunakan pada pemula atau entry level kamera DSLR.


Itulah beberapa fitur yang ada di kamera DSLR yang bisa Anda ketahui. Fitur-fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan sebuah foto atau video yang lebih maksimal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel