-->

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Pinjaman online atau PIJOL melalui aplikasi kini semakin diminati oleh masyarakat, ini dikarenakan proses pengajuan pinjaman dan pencairan yang sangat mudah serta tidak memakan banyak waktu. Pinjaman online memiliki proses pencairan yang cepat dibandingkan pengajuan pinjaman di perbankan yang membutuhkan waktu sampai beberapa hari.

Sebelum melakukan pinjaman online melalui aplikasi, kamu harus tahu dulu aplikasi pijol atau perusahaan fintech lending apa saja yang sudah berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di tahun 2020 sudah ada 161 perusahaan yang terdaftar di OJK, perusahaan pinjaman online tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan peminjaman dana.

Mengapa harus menggunakan jasa penyelenggara fintech peer to peer lending yang terdaftar di OJK? Karena perusahan atau aplikasi pinjaman online yang berizin akan diawasi oleh OJK sehingga aman bagi nasabah. Biasanya perusahaan pijol resmi memiliki bunga pinjaman yang kecil sehingga tidak memberatkan nasabah.

Aplikasi Pinjaman Online Resmi Di OJK

Ada beberapa perusahaan fintech lending yang tidak menyediakan pinjaman online melalui aplikasi, Namun ada juga yang melalui aplikasi PIJOL. Setidaknya ada sepuluh aplikasi pinjaman online terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Danamas

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Danamas adalah platform P2P lending pertama yang merupakan bagian dari sinarmas group yang mendapat lisensi dari OJK. Persyaratan peminjam uang di danamas adalah minimal usia 21 tahun, WNI, memilliki rekening bank aktif, memiliki nomor handphone dan email aktif. Ada beberapa produk pinjaman yang ditawarkan oleh danamas, yaitu pinjaman pendagang pulsa, dana tunai, prepaid purchase dan pinjaman petani.

Proses pengajuan pinjaman uang tunai di danamas cukup mudah, yakni:

  • Pertama unduh aplikasi danamas di PlayStore
  • Loging menggunakan nomor handphone
  • Pilih produk, jumlah pinjaman dan periode tenor
  • Upload semua informasi yang diminta dengan benar
  • Persetujuan aplikasi pinjaman cepat cair


Kamu dapat pengajukan pinjaman di danamas mulai dari Rp. 1 juta hingga Rp. 7,5 juta dengan tenor pinjaman 3 bulan sampai 12 bulan.

2. Tunaiku

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Tunaiku adalah aplikasi pinjaman uang tanpa jaminan yang merupakan produk unggulan dari Amar Bank. Kamu dapat meminjam uang dari aplikasi tunaiku mulai dari Rp. 2 juta hingga Rp. 20 juta, dengan masa tenor minimal 6 bulan dan maksimum 20 bulan. Sebagai layanan pinjaman online tanpa angunan alias KTA online, nasabah cukup menunjukan KTP agar dapat mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan di tunaiku.

peryaratan untuk mengajukan pinjaman online di aplikasi tunaiku adalah usia 21 hingga 55 tahun, warga negara indonesia, memiliki bank aktif dan memiliki pekerjaan tetap. Namun, tunaiku hanya melayani nasabah yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Tanggerang Selatan, Bekasi, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

Perlu diketahui bahwa tunaiku memiliki biaya administrasi sebesar Rp. 540 ribu, suku bunga sebesar 3% hingga 4% per bulan, bunga keterlambatan 0,16% per hari dan biaya keterlambatan sebesar Rp. 100 ribu.

3. TunaiKita

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

TunaiKita membantu kebutuhan keuangan kamu dengan aplikasi pinjaman online langsung cair tanpa jaminan, mudah dan fleksible. TunaiKita juga menawarkan pinjaman uang mulai dari Rp. 200 ribu hingga Rp. 80 juta dengan tenor 3 bulan sampai 6 bulan. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman adalah cukup dengan menunjukan KTP, batasan usia minimum 18 tahun hingga 55 tahun, warga indonesia dan memiliki rekening bank aktif.

4. Singa Fintech

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Singa Fintech merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terkemuka di indonesia. Dimana proses pendaftaran hanya membutuhkan waktu satu menit dan persetujuan diberikan dalam beberapa jam saja, jika di setujui maka kamu bisa mendapatkan pinjaman pribadi atau pinjaman modal kerja. Aplikasi singa fintech menawarkan batasan maksimal pinjaman sebesar 30 juta.

Aplikasi pinjaman online ini mematok suku bunga efektif 1,25% per bulan atau suku bunga tahunan maksimum 15%. Contuh untuk pinjaman UKM, apabila nasabah memilih cicilan 3 bulan untuk transaksi senilai Rp. 3 juta, singa dikenakan tingkat bunga 1,25% per bulan. Jadi uang pelunasan yang harus dibayarkan per bulan adalah Rp. 1.037.500 dan total pembayaran setelah 3 bulan yaitu Rp. 3.112.500

Persyaratan bagi nasabah yang hendak mengajukan pinjaman melalui singa fintech adalah WNI yang telah berusia 21 hingga 65 tahun. Jika kamu melakukan pinjaman online di singa fintech, maka kamu wajib mengembalikan pinjaman sesuai waktu yang ditentukan. Jika tidak, kamu akan dikenai denda keterlambatan sebesar 0,6% dengan biaya proses keterlambatan sebesar 0,4% dari poko pinjaman yang dihitung sejak hari pertama keterlambatan.

5.    Dana Bagus

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Dana Bagus adalah platform pinjaman uang khusus mahasiswa yang membutuhkan tambahan biaya kuliah dengan proses pengajuan yang mudah dan cepat. Setidaknya ada 3 produk pinjaman yang ditawarkan oleh dana bagus, yaitu produk Dana Khusus UKT mulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 15 juta, produk Pinjaman Siaga mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 2 juta dan produk Pinjaman Reguler mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 2 juta.

Jangka waktu pinjaman atau tenor di dana bagus adalah 71 hari sampai 91 hari untuk kategori pinjaman siaga dan reguler, sedangkan dana khusus UKT memiliki waktu tenor 71 hari hingga 181 hari. suku bunga sekitar 4,5 persen sampai 18 persen perbulan tergantung besaran pinjaman.

Syarat pengajuan pinjaman online di aplikasi dana bagus adalah WNI yang sudah berusia 17 tahun ke atas, KTP, memiliki KTM, memiliki rekening bank aktif dan berstatus mahasiswa aktid yang terdaftar di universitas resmi di indonesia.

6.    Dana Fix

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Dana Fix merupakan platform kredit pinjaman online dana cepat di Indonesia. Kamu dapat mengajukan pinjaman di dana fix hingga Rp. 10 juta dengan tenor 3 sampai 5 bulan. Tingkat biaya pinjaman cukup rendah yaitu sebesar 0,5 persen per hari. Keunggulan dana fix dibandingkan pinjaman online lainnya adalah mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai simulasi, jika nasabah meminjam uang sebesar Rp. 500 ribu selama 91 hari dengan bunga 0,5 persen dari bunga pinjaman bulanan. Maka nasabah wajib membayar sebesar Rp. 727.500. Persyaratan bagi debitur yang hendak mengajukan pinjaman tunai di dana fix adalah usia lebih dari 22 tahun, KTP, memiliki penghasilan tetap dan rekening bank aktif.

7. Dana Bijak

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Dana bijak merupakan aplikasi pinjaman online resmi dengan proses pencairan yang mudah, cepat dan bunga rendah. Nasabah dapat mengajukan pinjaman uang kapan pun tanpa jaminan, aplikasi dana bijak dikelola oleh PT Digital Micro Indonesia sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Baca Juga : Manfaat Pinjaman Online

Plafon pinjaman dapat diajukan mulai dari Rp. 350 ribu hingga Rp. 3 juta dengan tenor 90 sampai 120 hari dan biaya administrasi sebesar 5 persen. Ilustrasi pinjaman, jika kamu mengajukan pinjaman sebesar Rp. 3 juta maka dana yang kamu terima adalah Rp. 2.850.000. Dimana bunga per bulan 12 hingga 24 persen maka jumlah pembayaran sebesar Rp. 4 juta sampai Rp. 5.160.000.

Sedangkan persyaratan pengajuan pinjaman melalui dana bijak adalah usia nasabah 18 hingga 55 tahun, WNI, memiliki penghasilan tetap sebesar 1,6 juta dan memiliki akun bank yang terverifikasi.

8. Uang Teman

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Uang Teman adalah penyedia layanan pinjaman uag mikro jangka pendek. Aplikasi uang teman bisa menjadi solusi buat kamu yang butuh kredit tanpa jaminan dengan mudah dan kilat. Setidaknya ada tiga produk yang ditawarkan oleh uang teman, yaitu:

  • Produk Pypad, dengan nominal pinjaman Rp. 1,5 juta hingga Rp. 3 juta dengan tenor pinjaman 65 – 70 hari dan bunga sebesar 0,8 persen per hari
  • Produk Lite Installment, dengan nominal pinjaman sebesar Rp. 3,5 juta sampai Rp. 10 juta dengan tenor pinjaman 3 – 6 bulan dan bunga sebesar 15 % - 18% per bulan
  • Produk Installment, dengan nominal pinjaman sebesar Rp. 5 juta sampai 20 juta dengan tenor pinjaman 3 – 6 bulan dan bunga sebesar 6% - 9% per bulan


Persyaratan pengajuan pinjaman online di uang teman adalah berusia 21 – 55 tahun, KTP, memiliki e-mail dan rekening bank aktif.

9. Cashwagon

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Cashwagon adalah penyedia layanan pinjaman online tanpa jaminan. Aplikasi cashwagon menyediakan plafon pinjaman maksimum Rp. 5 juta dengan tenor 61 sampai 180 hari. Suku bunga pinjaman online di cashwagon dalam setahun sebesar 24 – 72 persen dengan biaya layanan sekitar 0,8 persen. Persetujuan pinjaman langsung cair dalam waktu rata-rata 20 menit, setelah itu nasabah akan menerima notifikasi pesan SMS dengan status pinjaman nasabah.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Terbaik

Siapa saja bisa dengan mudah mengajukan pinjaman di cashwagon dengan mengisi persyaratan yaitu usia nasabah 20 hingga 60 tahun, KTP yang valid, rekening bank aktif dan memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap.

10. Kredit Pintar

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dan Terdaftar di OJK

Kredit pintar adalah penyedia layanan pinjaman online untuk berbagai kebutuhan. nasabah dapat mengajukan pinjaman dana ini tanpa jaminan melalui aplikasi kredit pintar dengan waktu pencairan kurang dari 24 jam. Kredit pintar menawarkan plafon pinjaman hingga Rp. 20 juta dengan periode pinjaman 3 sampai 12 bulan dan biaya admin sebesar 5 – 15 persen (tergantung jumlah dan periode pinjaman).

Persyarataan pengajuan pinjaman melalui aplikasi kredit pintar adalah berusia 18 tahun, warga negara indonesia dan memiliki KTP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel